4 Pilar Kegiatan Posdaya Utama Parak Laweh

Editor: Mahadeva WS

303
Ketua Posdaya Utama Aidil Adhari/Foto: M. Noli Hendra

PADANG – Posdaya Utama yang ada di Parak Laweh, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat memiliki program empat pilar utama. Program tersebut adalah pendidikan, kesehatan, lingkungan dan ekonomi.

Keempat program tersebut berjalan secara simultan, meski selama Ramadhan, diliburkan sementara. Peliburan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat menjalankan ibadah puasa dengan khusuk.

Ketua Posdaya Utama Aidil Adhari mengatakan, peliburan tersebut juga mempertimbangkan kegiatan empat pilar itu cukup banyak dan melelahkan. Untuk pendidikan, kegiatan yang dijalani ialah mendukung kegiatan yang ada di PAUD dan TK.  Untuk kesehatan kegiatannya Posyandu dan senam sehat. Sementara untuk lingkungan adalah gotong royong bersama warga untuk membuat kebun bergizi.

“Khusus untuk pilar ekonomi tetap jalan, karena hal ini berhubungan dengan melayani peminjaman modal usaha melalui Tabur Puja. Lain dari itu, harus dihentikan sementara waktu, dan akan dimulai lagi usai lebaran nanti,” jelasnya, Selasa (22/5/2018).

Aidil mengatakan, kebijakan menghentikan sementara kegiatan empat pilar selama Ramadhan telah disampaikan kepada anggota. Hal tersebut merupakan kebijakan rutin yang dilakukan setiap Ramadhan. “Kita tidak mau masyarakat merasa lelah dengan aktifitas empat pilar. Jadi mau tidak mau harus kita hentikan sementara waktu,” sebutnya.

Terkait momen Ramadhan, Posdaya Utama telah melakukan kegiatan pembagian paket Ramadhan kepada 95 orang anggota aktif. Sementara untuk acara buka bersama, saat ini belum direncanakan karena mempertimbangkan kas yang minim.

Sedangkan usai Ramadhan nanti, Posdaya Utama telah merencanakan untuk menggelar halal bil halal yang melibatkan pengurus dan anggota. Hal tersebut diselenggarakan karena sebulan tidak berjumpa, sehingga dengan acara tersebut bisa kembali mempererat kebersamaan.

Baca Juga
Lihat juga...