Alhamdulillah, Ramadan Ini Kampung Pilanjau Sudah Berlistrik

Editor: Koko Triarko

283

TANJUNG REDEB – General Manager PLN Wilayah Kaltimra, Riza Novianto Gustam, berharap, dengan masuknya jaringan listrik PLN di Kampung Pilanjau, Kecamatan Sambaliung, Tanjung Redeb, Berau, dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di daerah itu.

“Bukan hanya kualitas kehidupannya, tetapi juga roda perekonomian di sana saya harap bisa bergerak dengan lebih stabil”, terang Riza, saat meresmikan masuknya jaringan listrik di kampung itu, pada Minggu (20/5/2018).

Menurutnya, hal tersebut juga sejalan dengan komitmen PLN Wilayah Kaltimra untuk mewujudkan 100 persen desa di Kaltim dan Kaltara berlistrik pada 2018 ini.

Riza menjelaskan, listrik di Kampung Pilanjau disuplai dari sistem kelistrikan Tanjung Redeb. Sementara, di Kampung Pilanjau saat ini telah terdata 150 pelanggan, dan masih berpotensi bertambah hingga 300 pelanggan baru.

Kami berharap, listrik segera dinikmati seluruh warga kampung secara merata. Untuk itu, kami secara bertahap juga sedang membangun perluasan jaringan di sana untuk menjangkau rumah-rumah warga yang lebih jauh”, tambah Riza.

Sebelum ada listrik PLN, warga di Kampung Pilanjau harus mengeluarkan iuran harian untuk membiayai bahan bakar genset di kampung tersebut. Besarannya variatif, mulai 100 hingga 200 ribu rupiah setiap harinya, untuk listrik yang menyala tidak sampai 24 jam.

“Sudah pasti, pengeluaran rumah tangga menjadi lebih hemat, dan mempermudah aktivitas kami sehari-hari”, kata Ahmad Sahrani, salah satu warga Kampung Pilanjau.

Kepala Kampung Pilanjau, Burhanudin Mide, pada kesempatan yang sama juga mengaku sangat bersyukur dengan masuknya listrik PLN di kampungnya.  Pasalnya, kebutuhan listrik memang sudah dari dulu diidam-idamkan masyarakatnya.

“Kami berterima kasih kepada PLN dan Pemda, atas upaya-upaya yang telah ditempuh hingga listrik bisa masuk di kampung kami. Apalagi, di bulan Ramadan ini, tentunya keberadaan listrik akan sangat membantu aktivitas ibadah umat muslim di sini”, kata Burhanudin.

Kini, listrik di Kampung Pilanjau telah menerangi fasilitas kampung, masjid, dan rumah warga. Ke depan, PLN akan terus menularkan pemerataan listrik ke daerah-daerah lainnya di seluruh pelosok Indonesia demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga
Lihat juga...