hut

Anak-anak di Solo Ngabuburit Asyik Sembari Belajar Kaligrafi

Editor: Mahadeva WS

SOLO – Ada aktivitas menarik yang dilakukan anak-anak di Solo untuk mengisi waktu luang menunggu berbuka puasa. Salah satunya dengan melatih kreativitas seni kaligrafi dan juga menggambar.

Keceriaan puluhan anak-anak Taman Pendidikan Alquran (TPA) Musholah Aisyah terlihat saat mengikuti aktivitas pembelajaran di luar ruangan, Kamis (31/5/2018). Dipandu oleh salah satu pengajar, para anak menyiapkan berbagai peralatan untuk menggambar serta menulis kaligrafi. “Kalau belajar di jalan atau halaman lebih asik. Tidak bosan,” kata Ikhsan salah satu murid TPA peserta Ngabuburit Asyik.

TPA Jamili salah satu pengajar TPA Mushola Aisiyah, Solo – Foto Harun Alrosid

Belajar kaligrafi bagi siswa TPA merupakan kegiatan ektra yang dapat dijadikan untuk refresing. “Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak bahwa belajar tidak hanya di dalam ruangan, tetapi bisa juga di luar ruangan. Dan ini juga untuk merefres anak-anak agar tidak jenuh,” kata salah satu pengajar TPA Jamili.

Kegiatan ngabuburit asyik tersebut diikuti 30 siswa TPA Mushola Aisiyah. Anak-anak diberi ilmu menulis seni kaligrafi. Mulai dari dasar menggunakan pensil hingga menuliskan ayat-ayat Alquran. “Pembelajaran mulai dari menulis satu huruf hingga satu kata. Untuk satu kalimat panjang penerapannya sudah berbeda. Tergantung kematangan anak,” tambahnya.

Selain memberikan ketrampilan menulis kaligrafi, anak-anak juga diberikan pemahaman tentang doa-doa keseharian. Dalam kesempatan ini, para siswa diajak untuk belajar namun lebih santai. ‘Harapannya dengan adanya acara seperti ini dapat mengasah tingkat kreatifitas anak-anak dalam mengambar kaligrafi Alquran, sembari menunggu waktu berbuka puasa,”  tandasnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!