Anies Pastikan Jakarta Siap Gelar Asian Games 2018

Editor: Satmoko

198

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka parade jelang Asian Games 2018 di Area Monumen Nasional (Monas).

Menurut Anies, Pemprov DKI sudah siap menyelenggarakan event akbar Asian Games tersebut. Anies menyampaikan persiapan itu sudah 99 persen. Dia optimis sebelum Asian Games digelar persiapan pun selesai lebih awal.

“Alhamdulilah, sudah 99 persen persiapan Asian Games. Dari semua persiapan insha allah selesai. Jadi, insha allah kami siap menyambut Asian Games 2018,” ucap Anies setelah menghadiri ‘Parade Menuju 100 Hari Asian Games’ bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (13/5/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, ada tiga komponen yang menjadi fokus Pemprov DKI yakni penyelenggaraan, fasilitas, dan prestasi. Anies mengaku bahwa Pemprov DKI telah mengerjakan titipan tugas dari Pemerintah Pusat.

“Kami sudah mengerjakan titipan dari Pemerintah Pusat untuk selalu menyiapkan equestrian, velodrome, lapangan BMX dan juga tempat berlatih para atlet,” tuturnya.

Selain itu dia menambahkan bukan hanya persiapan fisik yang menjadi fokus Pemprov DKI Jakarta. Sebab, yang menjadi pekerjaan rumah lanjutan adalah menumbuhkan demam Asian Games di masyarakat agar event olahraga akbar ini dirasakan setiap lapisan masyarakat.

“Adapun kegiatan yang lain adalah menumbuhkan kesadaran warga bahwa Asian Games akan hadir,” ujarnya.

Kemudian, yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa Asian Games  segera digelar dan menjadi acara yang patut dimeriahkan bersama-sama. Maka dari itu, Anies telah menginstruksikan warga Jakarta agar siap menyambut para atlet yang akan berlaga di Ibu Kota.

“Di kampung-kampung akan dilakukan berbagai kegiatan, kita juga sudah siapkan warga sekitar Kemayoran untuk berinteraksi dengan para atlet yang tinggal di wisma atlet,” ungkapnya.

Menurut Anies, interaksi itu penting karena akan membawa dampak pada ekonomi warga. Anies telah berkoordinasi dengan asosiasi pusat perbelanjaan agar ikut serta menyambut para atlet yang ingin mencari buah tangan produk dalam negeri.

“Ini kesempatan secara ekonomi, tiga minggu lalu saya bicara dengan asosiasi pusat perbelanjaan dan disitu disampaikan mereka siap menyambut atlet serta tim support Asian Games,” tambahnya.

Selain itu Anies sudah memerintahkan PT Transjakarta guna memobilisasi warga yang ingin menyaksikan Asian Games secara langsung di venue.

“Transportasi umum juga sudah siap, Transjakarta akan menyiapkan kendaraan tambahan khusus warga yang ingin menyaksikan Asian Games, sehingga tidak perlu naik kendaraan pribadi untuk sampai sekitar venue,” tandasnya.

Kemudian dia menekankan bahwa Asian Games juga membuka kesempatan ekonomi bagi DKI Jakarta.

“Kira-kira tiga minggu yang lalu saya bicara dengan asosiasi pusat perbelanjaan dan di situ disampaikan mereka juga bersiap untuk menyambut para atlet dan juga tim support untuk Asian Games,” tutupnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.