Anies Cari Pencoret Banner Asian Games 2018 di PI

Editor: Mahadeva WS

264

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih belum mengetahui oknum yang telah mencoret-coret banner Asian Games 2018 di Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan. Aksi perusakan baliho itu sudah dibahas dalam rapat bersama pihak panitia pelaksana Asian Games.

“Belum. Itu salah satu hal yang kita bahas kemarin. Ketika ada rapat koordinasi diantara Pemprov dengan Inasgoc salah satu itemnya adalah tentang perusakan banner-banner yang dipasang untuk Asian Games,” ujar Anies di Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (25/5/2018).

Anies mengimbau, warga yang melihat atau mengetahui pelaku vandalisme terhadap banner Asian Games diminta untuk segera melaporkannya ke polisi. “Bagi yang melihat, bila ada yang mencoret maka tegur. Sampaikan jangan dicoret, jangan dirusak. Dan bila Anda melihat, laporkan,” tandasnya.

Gubernur menyebut, sudah menginstruksikan seluruh wali kota dan petugas Satpol PP untuk melakukan patroli rutin menjaga baliho dan banner Asian Games. Diharapkan polisi bisa segera menangkap pelaku perusakan. “Apabila itu hanya iseng maka hentikan. Apabila itu sistematis, maka harus diinvestigasi lebih jauh. Tapi kita mengimbau kepada semua pihak, mari kita jaga bersama-sama sama banner kita semua,” tandas Anies.

Publikasi melalui banner sangat penting untuk menyosialisasikan Asian Games ke masyarakat. Sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia, seluruh warga Jakarta seharusnya bisa menunjukkan citra yang baik. “Banner Asian Games bukan banner komersial, itu bukan dipakai untuk kepentingan-kepentingan yang kecil. Itu adalah banner yang mewakili bangsa menjadi tuan rumah acara global bagi warga se-Asia,” tegasnya.

Anies akan melaporkan tindakan mecorat-coret banner Asian Games tersebut. Tindakan tersebut sudah merusak fasilitas Pemprov dan tidak mencerminkan warga yang baik.  “Kalau sudah sampai tindakan itu laporkan saja,” paparnya.

Sebelumnya, berdasarkan video yang beredar terdapat coret-coretan hitam di sejumlah banner promosi Asian Games 2018. Banner-banner korban aksi vandalisme tersebut diketahui terpasang di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Dalam sebuah video yang beredar, tak begitu jelas tulisan apa yang digoreskan pelaku di bagian bawah lembaran banner tersebut.  Pihak kepolisian akan mencari tahu siapa pelakunya, yang diduga melakukan aksi tersebut pada malam hari.

Baca Juga
Lihat juga...