Antisipasi Kekeringan, BPBD Jembrana Siagakan Dua Mobil Tangki

Editor: Mahadeva WS

215

JEMBRANA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana menyiapkan dan menyiagakan dua unit mobil tangki air bersih untuk mengantisipasi kekeringan.

Ketut Eko Susilo, Kepala BPBD Kabupaten Jembrana.-Foto: Sultan Anshori

Kepala BPBD Kabupaten Jembrana Ketut Eko Susilo mengatakan, pihaknya melakukan kerjasama dengan beberapa intansi seperti Satpol PP dan PDAM Kabupaten Jembrana dalam kegiatan tersebut. “Itu bukan milik kami (BPBD), melainkan milik Pol PP dan PDAM. memang kita gunakan itu bersama-sama,” ucap pria yang akrab disapa Susilo ini, Senin (28/5/2018).

Susilo menambakan, di Jembrana ada dua daerah yang berpotensi mengalami kekeringan yaitu, Kecamatan Mendoyo, dan Kecamatan Melaya. Sementara Sebagian besar wilayah Kabupaten Jembrana merupakan hutan dan perbukitan. “Jadi wilayah Jembrana banyak menyimpan potensi ketersediaan air yang cukup. Secara prinsip dampak musim kemarau di jembarana ini masih bisa kami tangani,” imbuh bapak dua anak tersebut.

Selain menyiapkan mobil tangki, BPBD Jembrana juga menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai kekeringan. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa melakukan antisipasi secara mandiri sebelum kekeringan terjadi. Dan saat ini masyarakat secara swadaya membuat sumber-sumber mata air.

Di Jembrana, biasanya puncak musim kemarau terjadi pada Juni hingga awal Agustus. Dengan kondisi tersebut, diharapkan ada bantuan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk pengadaan mobil tangki air bersih. Hal itu mempertimbangkan, hanya terdapat dua mobil tangki di Jembrana dan itupun bukan milik BPBD melainkan milik PDAM dan Satpol PP Jembrana.

Baca Juga
Lihat juga...