Arifin: Energi Ramadhan Lahirkan Semangat Menyambung Persaudaraan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

247

JAKARTA — Deputi Baznas, Arifin Purwakananta menyebutkan, energi Ramadhan akan melahirkan semangat baru dan menyambung putusnya persaudaraan. Ramadhan juga menumbuhkan semangat cinta kasih dan kepedulian pada sesama, berzakat serta membantu yang lemah.

Pesan kedamaian ini, menurutnya, menawarkan energi kelapangan hati dengan cinta damai agar merasuk dalam nyawa dan nadi. Menjadi tulang sungsum kehidupan yang menyebar jadi sel-sel darah.

“Saya percaya kita akan kuat karena kerendahan hati untuk saling berbagi dan menolong. Kuat karena zakat,” tegasnya dalam orasinya pada Pawai dan Aksi Sambut Ramadhan 1439 Hijriyah di silang Monas Jakarta, Selasa (15/5/2018).
Kembali dia mengingatkan, bahwa masyarakat harus terus memupuk keberanian untuk berkorban membantu sesama sebagaimana kita membantu keluarga dan diri sendiri.

Sebagaimana pesan utama ajaran zakat. Syariah yang menjadi jalan terang untuk mengubur ketamakan akan dunia, membawa manusia kepada kesetimbangan, dan kebahagiaan yang hakiki.

“Zakat adalah pensuci jiwa dan kekuatan hati,” katanya.

Ia juga mengharapkan, memasuki Ramadhan 1439 Hijriyah akan menciptakan suasana damai di Indonesia dan akan menjadi momen tersebut untuk melupakan segala kekejian yang sudah terjadi beberapa pekan ini.

“Memaafkan mereka yang perlu dimaafkan, mengadili mereka yang perlu diadili, sehingga kita bisa memasuki Ramadhan dengan hati yang lapang dan lebih baik,” ujar Arifin.

Pesan ini, menurut dia, bukan hanya ditujukan pada umat Islam semata. Namun juga untuk semua masyarakat Indonesia yang memiliki keragamaan agama dan suku serta adat istiadat.

“Sehingga kita dapat hidup lebih baik antara sesama agama, umat, dan sebagai anak bangsa,” tegas Arifin.

Baznaz, jelas dia, dalam memberikan bantuan tanpa memandang agama. Salah satunya adalah membantu keluarga korban, termasuk trauma healing. Juga memberikan bantuan bagi sekolah untuk mencegah mereka dari paparan paham kekerasan.

Baca Juga
Lihat juga...