Asian Games, Momentum Tunjukkan Budaya Lokal ke Dunia

Editor: Satmoko

314
Wishnutama (Foto Akhmad Sekhu)

JAKARTA – Tak lama lagi perhelatan akbar Asian Games 2018 akan segera digelar, sebuah momen yang dapat meningkatkan reputasi bangsa Indonesia di mata dunia internasional.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 adalah salah satu acara yang paling dinanti dan akan disaksikan oleh jutaan orang, baik di Indonesia, se-Asia, bahkan seluruh dunia.

Oleh karena itu, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 akan menyajikan sebuah pertunjukan yang spektakuler dengan konsep yang menonjolkan kekayaan budaya bangsa Indonesia.

“Saya ditunjuk Inasgoc untuyk bertanggung jawab sebagai Pengarah Kreatif Opening dan Closing Ceremonies Asian Games 2018,“ kata Wishnutama saat konferensi pers konsep upacara pembukaan Asian Games 2018 di Kantor Pusat Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Wisma Serbaguna, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (27/5/2018).

Wishnutama membeberkan bahwa event Asian Games adalah suatu kesempatan yang sangat luar biasa, karena dulu juga pernah ada pada tahun 1962.

“Event seperti ini bukan hanya sekedar pembukaannya saja, tapi juga momentum sebuah bangsa untuk menunjukkan konten budaya lokal sehingga menjadi daya tarik bagi dunia internasional,“ bebernya.

Opening maupun closing untuk acara ini sudah sejak lama dipersiapkan dengan melibatkan beberapa pekerja kreatif lokal, seperti di antaranya Addie MS, Ronald Steven, Denny Malik, Eko Supriyanto, Rinaldy Yunardi dan Dinand Fariz.

“Termasuk juga perusahaan-perusahaan lokal yang memberikan support kami,“ ungkap peraih penghargaan Marketeer of the Year 2015 Indonesia Marketing Champion Category: Broadcast, TV, and Media.

Menurut Wishnutama, opening maupun closing bukan hal yang mudah, karena ini termasuk event besar, sekelas Asian Games.

“Tapi dari segi kreatif kita akan mengemas semasa kini mungkin sesuai dengan perkembangan zaman,“ paparnya.

Wishnutama menyampaikan persiapannya sudah cukup lama dengan standar-standar tertentu dalam melaksanakan kegiatan opening maupun closing.

“Kita punya standar yang sangat tinggi untuk bisa mencerminkan pesan penting kita, yakni Energy of Asia. Ini kesempatan kita untuk menunjukkan kepada dunia apa itu Indonesia. Kami mengajak talenta-talenta terbaik Indonesia yang menjadi kebanggaan kita semua,“ tandasnya.

Baca Juga
Lihat juga...