Bang Zay, Olah Pisang ‘Klutuk’ jadi Keripik

Editor: Koko Triarko

657
MALANG – Bagi sebagian masyarakat, buah pisang klutuk atau pisang batu banyak dikesampingkan, lantaran memiliki banyak biji, sehingga yang dimanfaatkan hanya jantung pisang dan daunnya saja.

Namun, di tangan terampil Zainal Efendi, buah pisang klutuk dapat dijadikan produk makanan ringan berupa keripik pisang yang renyah dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Salah satu karyawan, Jeppy, mengatakan, pisang klutuk mungkin di beberapa daerah justru dibuang atau tidak banyak dimanfaatkan, karena memiliki banyak biji yang ukurannya cukup besar, sehingga sulit diolah.

Jeppy, perajin keripik pisang. -Foto: Agus Nurchaliq

Zainal Efendi yang akrab disapa Bang Zay, lalu mencoba memprosesnya, dengan cara membuang bijinya, dan diproses seperti halnya membuat keripik buah, namun tanpa penambahan gula, karena yang diproses merupakan pisang matang.

“Pisang klutuk matang itu sudah memiliki kandungan glukosa yang tinggi, sehingga tidak perlu ada penambahan gula lagi,” jelasnya.

Menurut Jeppy, kandungan glukosa yang tinggi waktu diproses akan berubah menjadi karamel yang rasanya manis. Hanya saja, untuk mengontrol tingkat kemanisannya ini yang sulit, karena setiap pisang memiliki kandungan glukosa yang berbeda-beda, sehingga rasanya ada yang manis, tapi ada juga yang tidak begitu manis.

“Pisang kami ambil dari daerah Malang selatan, yakni dari Pagak, Donomulyo dan Ngliyep,” ucapnya.

Sedangkan untuk pemasarannya, selain di area Malang Raya, keripik pisang klutuk ini juga sudah dipasarkan hingga keluar wilayah Jawa Timur.

“Kami juga ada kerja sama dengan toko berjejaring. Kebetulan dari pihak minimarketnya itu sendiri yang meminta agar produk keripik pisang kami bisa di jual di sana. Jadi, kami sediakan kemasan 75 gram untuk di jual di minimarket itu,” ungkapnya.

Pisang klutuk buatan Bang Zay ini juga sering dibeli oleh para pedagang untuk dikemas sendiri, atau diberi varian rasa. “Tapi, khusus kami sendiri hanya menyediakan rasa original,” ungkap Jeppy.

Harga jual keripik pisang klutuk ini per kilogram Rp70.000. Namun, untuk pedagang atau pengecer diberi harga khusus, karena membeli dalam jumlah banyak, minimal 5 kilogram.

“Alhamdulillah, sekarang permintaan cukup banyak, jadi kita sekarang harus mengatur produksinya juga agar bisa memenuhi pesanan,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...