Bantu Petani, Kodim 0735 Lakukan Pengubinan Lahan Pertanian

Editor: Mahadeva WS

263

SOLO – Jelang panen raya padi  pertengan tahun ini, Kodim 0735/ Surakarta melakukan pemantauan intens aktivitas pertanian di masyarakat. Bersama dengan Dinas Peternakan dan Pertanian (Dispertan) Solo, jajaran Kodim melakukan pengubinan area persawahan. 

Pengubinan dilakukan untuk mencegah petani mengalami kerugian pada saat penjualan hasil panen. “Kita ingin mengetahui produksi dan produktivitas hasil panen petani dengan melakukan pengubinan. Langkah ini untuk  menghindari petani dari kerugian karena dijual dengan sistem Ijon,” terang Pasiter Kodim 0735/ Surakarta Kapten Inf Samingun disela pengubinan di area persawahan d Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Senin, (14/5/2018).

Hasil pengubinan yang dilakukan di area tersebut, diperoleh hasil  panen rata-rata mencapai 8,9 ton/Ha. Sementara  hasil panen di pekan ke dua Mei ini, luas lahannya mencapai 10  hektare. “Kalau dibandingkan dengan hasil panen sebelumnya, panen kali ini lebih meningkat,” jelasnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan hasil pertanian di Kota Solo, perlu adanya Sekolah Lapangan Pertanian Tanaman Terpadu (SLPTT). Keberadaanya untuk memberikan ilmu kepada petani agar dapat lebih memahami teknis pertanian.

Danramil 02/Banjarsari, Kapten Inf Paidi menambahkan, pihaknya telah memerintahkan seluruh Babinsa untuk mendampingi kelompok tani yang ada di wilayah binaannya. “Tugas Babinsa tidak akan mengambil alih tugas atau fungsi dari PPL atau Sarjana pertanian yang manapun. Justru Babinsa akan bahu membahu dengan para PPL melakukan upaya khusus bersama untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” tandasnya.

Petani menyakini, meningkatkan hasil panen kali ini tak lepas sinergisitas antara TNI dalam hal ini Babinsa dengan petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dispertan untuk optimalisasi lahan pertanian yang ada. TNI juga berperan aktif dalam memberikan pendampingan. “Meningkatnya hasil panen padi sekarang ini, berkat peran aktif Petugas Dispertan dan TNI dalam hal ini Babinsa yang selalu aktif dalam memberikan pendampingan,” tandas PPL Banjarsari Partono.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.