Bendungan Pandan Dure Lombok, Tempat Asyik Ngabuburit

Editor: Satmoko

407

LOMBOK  – Nongkrong dan jalan-jalan sore menjadi salah satu kebiasaan warga masyarakat, terutama kalangan remaja di bulan puasa Ramadan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Bendungan Pandan Dure, di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat misalnya, menjadi salah satu tempat yang dapat dijadikan lokasi ngabuburit. Khususnya bagi masyarakat Lombok Timur bagian selatan.

Lokasi bendungan yang berada di tempat terbuka dan luas, serta dikelilingi areal persawahan petani menjadi keistimewaan tersendiri bagi Bendungan Pandan Dure sehingga banyak dijadikan warga nongkrong sore, sambil menunggu waktu berbuka.

Wahyudi saat nongkrong di Bendungan Pandan Dure, Kabupaten Lombok /Foto : Turmuzi

“Asyik menikmati suasana sore di Bendungan Pandan Dure, dikelilingi areal persawahan petani, dengan susana yang juga masih alami untuk dinikmati,” kata Wahyudi, pemuda Desa Kabar, Sabtu (26/5/2018).

Dari pinggiran Bendungan Pandan Dure, pengunjung juga bisa melihat aktivitas warga lain menangkap ikan menggunakan jala atau sekedar memancing, sambil menikmati terbenamnya sang jago merah di ufuk barat.

Ia mengaku hampir selama Ramadan datang jalan sore dan nongkrong bersama teman, di pinggiran bendungan.

“Area Bendungan Pandan Dure juga sering dijadikan sebagai tempat tongkrongan anak-anak geng motor dari berbagai daerah sehingga tempat ini tidak pernah sepi pengunjung baik bulan puasa atau luar puasa,” katanya.

Hendra, pemuda lain juga mengaku aktivitas jalan sore dan nongkrong paling disukainya. Apalagi selama Ramadan, daripada berdiam diri di rumah dan tidur, badan bisa tambah lemas.

“Kalau keluar jalan-jalan, selain badan sehat, banyak aktivitas bisa dilakukan, bertemu teman berbicara banyak hal, sehingga menunggu azan tiba tidak terlalu terasa. Kalau tidur dan diam terus di rumah dalam kondisi puasa, bukannya tambah segar, badan bisa tambah lemas. Jadi lebih baik jalan dan nongkrong sore di Bendungan Pandan Dure,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...