Berbuka Puasa dengan Segarnya Es Rumput Laut

Editor: Satmoko

376

MATARAM – Suasana puasa ditambah cuaca terik matahari yang panas sudah pasti mengundang rasa dahaga, terutama bagi umat muslim yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Minuman segar dan manis sudah pasti menjadi pilihan sebagian besar warga sebagai menu utama berbuka puasa. Selama Ramadan tersedia berbagai aneka minuman segar disuguhkan para pedagang untuk berbuka puasa.

Salah satunya adalah es rumput laut sebagai minuman yang banyak disukai masyarakat selama ini. Tidak saja saat bulan puasa, tapi juga di luar bulan puasa sebagai minuman segar pelepas dahaga.

“Cuaca panas begini, paling enak minum minuman segar dan dingin seperti es campur. Apalagi kalau dicampur roti tawar,” kata Istiharoh, warga Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu (19/5/2018).

Apalagi musim seperti sekarang, cuaca pas sekali. Membuat tenggorokan yang kering kehausan, segar, karena seharian berpuasa tidak minum air.

Ilmam, warga lain mengatakan, minuman segar dan manis selama puasa memang selalu banyak dicari warga sebagai minuman berbuka puasa, termasuk es rumput laut.

Dirinya sendiri menyukai es rumput laut, selain segar, juga rasanya yang nikmat, karena campuran banyak. Selain rumput laut, juga dicampur dengan roti, beras ketan, susu dan madu serta beberapa campuran lain.

“Banyak campurannya selain rumput laut, tidak heran makanya banyak disukai warga sebagai minuman berbuka puasa,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...