banner lebaran

BI Rate Naik Menjadi 4,5 Persen

Editor: Mahadeva WS

275

JAKARTA – Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indomesia (BI) memutuskan menaikkan besaran suku bunga atau BI Rate Seventh Days Reserve Revo sebesar 25 basis point atau menjadi 4,50 Persen. Sedangkan besaran suku bunga acuan atau BI Rate bulan sebelumnya pada April 2018 mencapai 4,25 persen.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil rapat dewan gubernur yang berlangsung selama 2 hari dari 16 hingga 17 Mei 2018. Besaran suku bunga tersebut menjadi acuan atau pedoman seluruh perbankan nasional di Indonesia.

“Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menaikkan besaran suku bunga acuan atau BI Rate sebesar Seven Days Reserve Rate berada di level 4,50 persen, kenaikan BI rate tersebut secara resmi mulai efektif berlaku sejak 18 Mei 2018 besok,” jelas Gubernur BI Agus Dermawan Wintarto saat menggelar acara jumpa pers di Gedung Bank Indonesia, Kamis (17/5/2018).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri sejumlah pejabat BI Mirza Adityaswara, Erwin Rijanto, Rosmaya Hadi, Dodi Budi Waluyo dan Agusman tersebut, Agus juga menjelaskan, BI juga menaikan besaran untuk suku bunga Depocit Facility sebesar 3,75 persen. BI memutuskan juga menaikkan besaran suku bunga Lending Facility sebesar 5,25 persen.

Kenaikan suku bunga acuan tersebut dipengaruhi oleh membaiknya perekonomian Amerika Serikat dan juga perekonomian dunia atau global. Faktor lainnya adalah rendahmya nilai inflasi Indonesia yang diperkirakan akan tetap terkendali dan tertap terjaga hingga akhir 2018. Dalam kesempatan tersebut Agus juga menyampaikan pamit karena sudah harus pensiun pada akhir Mei mendatang.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.