BI Siapkan Rp 1,54 Triliun Uang Kartal Selama Ramadan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

207
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN — Memenuhi kebutuhan uang kartal selama Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyediakan Rp 1,54 triliun. Alat tukar tersebut disediakan dalam bentuk pecahan mulai dari 100 ribu hingga pecahan kecil.

Berdasarkan data BI Balikpapan, setiap tahun kebutuhan uang kartal selama Ramadan dan menjelang lebaran meningkat. 2016 silam disediakan Rp1,02 triluan uang kartal, sedangkan 2017 sebesar Rp1,2 triliun.

“Biasanya saat Ramadan masyarakat memiliki kecenderungan berbelanja menggunakan uang tunai dibandingkan non tunai. Makanya kami sediakan uang kartal baik itu kertas maupun logam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” terang Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Suharman Tabrani, Selasa (15/5/2018).

Dikatakannya, persediaan uang kartal tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya karena berdasarkan data cenderung mengalami kenaikan.

“Selalu mengalami tren peningkatan seperti itu. Selain itu formasi pecahan menyebar, dari pecahan terkecil, uang logam, uang kertas baik Rp50.000, Rp100.000, Rp10.000, juga Rp5.000,” beber Suharman.

Sedangkan pelayanan penukaran uang untuk masyarakat dapat dilayani di kantor Bank Indonesia, mobil penukaran uang yang berkeliling di sejumlah pasar tradisional dan perbankan di Balikpapan.

“Kegiatan dilakukan keliling melalui mobil kas keliling seperti selama ini yang dilakukan, seperti di pasar Klandasan atau Inpres. Juga akan ada program BI bersama pemerintah kota yakni bazar Ramadan,” sebutnya.

Suharman menyebutkan pelayanan penukaran uang pada perbankan akan menyediakan penukaran uang di beberapa lokasi di luar kantor.

“Tempat penukaran ini adalah semacam loket sebagai tempat penukaran selain di kantor bank masing-masing,” tandasnya.

Selain itu, kantor Bank Indonesia juga melayani penukaran uang yang sudah tidak layak atau rusak namun pelayanan ini khusus pada hari Rabu.

Baca Juga
Lihat juga...