BPTJ Jabodetabek Antisipasi Kemacetan di Asian Games 2018

Editor: Koko Triarko

109
Kepala Badan Pengelola Tramsportasi Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (BPTJ Jabodetabek), Bambang Prihartono, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018). –Foto: Lina Fitria 

JAKARTA – Guna mengantisipasi kemacetan saat berlangsungnya Asian Games 2018, BPTJ Jabodetabek akan melakukan uji coba pembatasan truk, mulai pukul 06.00 pagi sampai 21.00 WIB. 

“Nanti truk juga akan kita batasi. Selama ini, pembatasan baru di sisi Jawa Barat. Nanti semua joor kita lakukan pembatasan, itu saja bedanya. Dari jam 06.00 pagi, sampai 21.00 malam,” kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (BPTJ Jabodetabek), Bambang Prihartono, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018). 

Menurut Bambang, selain pembatasan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga akan melakukan uji coba pada Juni nanti, terhadap truk yang melalui Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outing Ring Road).

“Nanti kita uji coba bulan Juni. Jadi, ringroad akan dikenakan pengaturan semua. Kalau selama ini kan sisi barat semua,” ujarnya. 

Bambang menuturkan, kebijakan tersebut untuk mengantisipasi jalur atlet ke venue Asian Games. Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pengusaha truk untuk mendukung Asian Games. 

“Kita sudah koordinasikan terus. Kita harus mendukung Asian Games ini. Belum tentu 50 tahun sekali dan juga paragames,” ungkapnya. 

Dia meminta, seluruh masyarakat maupun penguna jalan memahami. Pasalnya, Asian Games ini sedang disorot oleh dunia. Jika gagal dalam transportasi, kata Bambang, gagal jugalah Indonesia dalam menyelenggarakan Asian Games.

“Ini pertaruhan buat kita,” imbuhnya.

Karena itu, Bambang meminta masyarakat untuk mengerti dan bisa bekerja sama dalam meramaikan acara tersebut. 

Sebelumnya, Dinas Perhubungan mengusulkan pembatasan kendaraan barang saat Asian Games di jalan tol yang mengarah ke Jakarta. Dishub DKI ingin truk barang dibatasi melintas pada pukul 22.00-05.00 WIB.

“Tapi, di Asian Games, semua tol yang melintas Jakarta kami usulkan pukul 22.00 sampai 05.00 WIB,” kata Wakil Kepala Dishub DKI, Sigit Widjatmoko, Jumat (20/4) lalu.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.