Bupati Buton Selatan Diperiksa KPK di Jakarta

Editor: Koko Triarko

349
JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah oknum yang terjaring operasi tangkap tangan di Kabupaten Buton Selatan. Salah satunya, Agus Feisal Hidayat, Bupati Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).
Pantauan dari Gedung KPK Jakarta, Kamis (24/5/2018), sejumlah oknum yang terjaring OTT di Kabupaten Buton Selatan, tiba di Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan. Sebelumnya, mereka diterbangkan menggunakan pesawat dari Kota Kendari, Provinsi Sultra.
Mereka hanya terdiam dan enggan memberikan pernyataan kepada wartawan yang telah menunggu di depan Gedung KPK. Sedikitnya ada tujuh orang yang dibawa ke Gedung KPK Jakarta. Mereka sebelumnya juga telah menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) di Kota Bau-Bau, Kabupaten Buton Selatan.
Bupati Buton tampak mengenakan pakaian kemeja lengan panjang warna cokelat muda dan celana warna hijau. Dirinya hanya tersenyum saat ditanya sejumlah wartawan setibanya di Gedung KPK Jakarta.
Ketujuh orang yang dibawa ke Jakarta tersebut berasal dari sejumlah unsur, masing-masing seorang kepala atau bupati pejabat penyelenggara negara, staf bupati, konsultan sebuah lembaga survei dan  pihak swasta.
Awalnya, ada 10 orang yang sempat menjalani pemeriksaan di Mapolres Bau-Bau, namun akhirnya hanya 7 orang yang dibawa ke Jakarta.
Mereka diduga mengetahui terkait adannya dugaan penerimaan sejumlah uang suap atau gratifikasi perizinan sejumlah  proyek di lingkungan Pemkab Buton Selatan.
Uang suap tersebut diduga akan dipergunakan Agus Feisal Hidayat untuk keperluan membiayai dana kampanye dalam pemilihan Bupati Buton Selatan.
Dalam OTT tersebut, petugas KPK berhasil menyita sejumlah uang tunai sebesar Rp400 juta, masing-masing dalam pecahan Rp10 ribu, Rp50 ribu dan Rp100 ribu.
Penyidik masih mendalami asal-usul uang tersebut. KPK menyakini, uang tersebut berasal dari pemberian sejumlah pihak swasta atau kontraktor setempat.
Baca Juga
Lihat juga...