Cuaca Buruk, KMP Titian Nusantara Kandas di Perairan Bakauheni

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

308

LAMPUNG — Akibat cuaca buruk, sebuah kapal motor penumpang (KMP) Titian Nusantara yang bertolak dari dermaga dua Pelabuhan Bakauheni sekitar 04.36 WIB kandas di alur keluar.

“KMP Titian Nusantara kandas di sekitar pulau Kandang Balak dan Kandang Lunik setelah bongkar sauh dan akan menuju ke Pelabuhan Merak,” terang Anton Murdianto, General Manager PT.ASDP Bakauheni saat dikonfirmasi Cendana News, Rabu (24/5/2018).

Dijelaskan, kemiringan kapal sekitar 6 derajat dengan isi kendaraan golongan II motor, pribadi, pick up, colt diesel, truk besar, bus dengan total penumpang sebanyak 108 penumpang. Proses awal berkoordinasi dengan pihak perusahaan pelayaran, BPTD Bengkulu Lampung, KSOP dan pihak terkait segera melakukan tindakan evakuasi.

“Evakuasi penumpang kita lakukan segera dengan menggunakan TB Merak ke pelabuhan dan penanganan segera dilakukan dengan mendata penumpang termasuk memberi bantuan makanan bagi yang tidak berpuasa,” terang Anton Murdianto.

Anton Murdianto (kiri) GM ASDP Cabang Bakauheni memeriksa manifes penumpang kapal Titian Nusantara yang kandas [Foto: Henk Widi]
Berdasarkan pemeriksaan awal tidak ada penumpang yang mengalami cedera serta trauma. Sekitar 19 orang penumpang bus yang memiliki tujuan dekat bahkan memilih melanjutkan perjalanan dengan kapal lain.

Ananto Widodo, kepala cabang PT.Prima Eksekutif menyebut proses evakuasi sudah dilakukan dan penumpang sudah sudah didata. Proses evakuasi, kapal akan ditarik dengan kapal tug boat setelah air pasang.

Pantauan Cendana News hingga berita ini diunggah petugas dari PT.Prima Eksekutif masih terus melakukan penanganan penumpang yang bertahan. Hal tersebut dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi penumpang yang masih bertahan di pelabuhan Bakauheni menunggu kapal bisa dievakuasi.

Baca Juga
Lihat juga...