Cuaca Ekstrem Landa Sumbar, BPBD Siaga 24 Jam

Editor: Mahadeva WS

272
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (kiri) - Foto Dok. CDN

PADANG – Memasuki Ramadhan cuaca ekstrem melanda wilayah Sumatera Barat. Hujan yang turun dengan intensitas lebat disertai petir, terpantau berlangsung dari siang hingga petang. 

Sumbar, yang dikenal sebagai lumbungnya bencana, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar diminta siaga 24 jam. Hal itu untuk melakukan penanganan kemungkinan terjadi bencana.

Gubernur Sumatera Barat  Irwan Prayitno menyatakan, telah meminta BPBD setempat untuk selalu siaga. Hujan dengan intensitas lebat sangat berpotensi menimbulkan banjir, longsor. Bahkan banjir bandang disebutnya, bisa sewaktu waktu terjadi. “Sumbar ini kalau sudah hujan lebat, maka ada saat daerah yang dilanda banjir. Makanya apabila memasuki cuaca ekstrem BPBD diminta untuk siaga,” katanya, Jumat (18/5/2018).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sumbar Erman Rahman menyebut, BPBD Sumbar telah berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota menyikapi cuaca yang terjadi beberapa waktu ini. Langkah tersebut sebagai upaya agar komunikasi dengan kabupaten dan kota tetap tersambung. “Koordinasi ini penting. Apalagi dalam hal penanggulangan bencana. Sebab, BPBD tidak dapat berjalan sendiri. Namun perlu dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

Semua daerah di Sumbar disebutnya rawan mengalami banjir dan longsor. Ancaman longsor terdapat disejumlah jalan yang melalui lereng perbukitan, seperti di daerah Kota Padang menuju Kabupaten Solok, Padang menuju Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Bukittinggi menuju Kabupaten Pasaman. “Kita dalam penanganan bencana telah menyiapkan perahu karet, tenda evaluasi, dan mobil untuk menebus ke lokasi bencana,” sebutnya.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Minangkabau Budi Imam Samiaji mengatakan, Ramadhan kali ini di Sumbar bertepatan dengan musim hujan. Hujan yang turun terkadang disertai petir. Jumat (18/5/2018), hujan turun mulai dari Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman.

Sementara pada Sabtu (19/5/2018), diperkirakan sejumlah wilayah di Sumbar masih diguyur hujan. Seperti untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Sijunjung.

Baca Juga
Lihat juga...