Desa Mandiri Lestari, Tingkatkan Semangat Kemandirian Warga Tamanmartani

Editor: Mahadeva WS

323

YOGYAKARTA – Keberadaan Program Desa Mandiri Lestari di Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, mampu memancing dan menggugah semangat warga desa untuk terus berdaya dan mandiri. 

Tri Joko – Foto :Jatmika H Kusmargana

Dengan program tersebut, antusiasme warga desa untuk terus berupaya memajukan dan mengembangkan usahanya semakin tingginya. Salah satunya terlihat pada sosok warga bernama Tri Joko yang tinggal di RT 03 RW 02 Dusun Klurak, Tamanmartani.

Ia merupakan salah satu warga penerima bantuan program bedah rumah dan pendirian usaha homestay dari Yayasan Damandiri. Selain memaksimalkan program bantuan dengan berupaya memasarkan sendiri usaha homestay miliknya. Joko juga terus berinovasi demi menarik minat pengunjung.

Penambahan sejumlah fasilitas, menjaga kebersihan homestay, hingga memberikan pelayanan terbaik untuk para tamu menjadi upaya yang dilakukan untuk mengembangkan homestaynya. Dengan kesadaran sendiri, Joko bahkan berinisiatif mempercantik papan nama homestay miliknya dengan menambahkan lampu.

“Ini baru saja mengganti papan nama. Karena papan sebelumnya kan tidak ada lampunya. Sehingga saya ganti memakai neonbox, agar kalau malam bisa dilihat tamu. Jadi tahu homestay sedang buka,” ujarnya.

Joko mengaku mengeluarkan biaya Rp400ribu untuk membuat papan nama tersebut. Uang itu hasil mensisihkan pendapatan dari tamu yang menyewa di homestaynya.  “Ya biar semakin banyak tamu yang menginap. Nanti kalau semakin ramai, saya berencana menambah  dua kamar lagi. Karena bantuan dari Yayasan Damandiri hanya dua kamar saja. Jadi pendapatan juga bisa semakin meningkat,” ujarnya.

Melalui program Desa Mandiri Lestari yang diresmikan sejak akhir 2017 lalu, Yayasan Damandiri berupaya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga Desa Tamanmartani. Memanfaatkan potensi yang dimiliki yaitu sektor pariwisata, Yayasan Damandiri mendirikan warung dan sejumlah homestay di rumah-rumah warga.

Hingga saat ini tercatat ada sebanyak 12 homestay yang berdiri di desa Tamanmartani yang terletak tepat di sisi sebelah barat kawasan wisata Candi Prambanan ini. Sejak dibuka beberapa bulan lalu, homestay ini telah banyak dikunjungi tamu wisatawan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan warga desa.

Baca Juga
Lihat juga...