Dinkes Imbau Warga Selektif Beli Takjil

199
Salah satu pasar tiban Ramadan, ilustrasi -Dok: CDN

KOBA – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau warga lebih selektif membeli jajanan untuk berbuka puasa atau takjil yang banyak dijual di pasar dadakan.

“Apalagi, saat ini pasar Ramadan bermunculan di berbagai tempat yang menjual beraneka menu, warga harus jeli dan selektif membeli menu berbuka yang lebih aman dan sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr. Bahrun R Siregar, di Koba, Senin (21/5/2018).

Pihaknya selain mengimbau juga memantau kondisi jajanan berbuka puasa yang dijual menjelang masuknya waktu berbuka puasa untuk memastikan lebih aman dikonsumsi.

“Tentu tidak bisa melarang orang mau berdagang, cuma kami mengimbau para pembeli lebih jeli dan selektif memilih menu yang kira-kira aman untuk kesehatan dan diupayakan menghindari menu yang mengandung bahan pengawet,” katanya.

Ia mengatakan, pengawasan dan pemantauan jajanan berbuka puasa merupakan agenda rutin pihaknya setiap Ramadan untuk memastikan menu makan tersebut aman dikonsumsi dan tidak mengganggu kesehatan.

“Warga harus hati-hati juga dengan pola makan, kadang-kadang dengan pola makan yang salah justru berdampak terhadap terganggunya kesehatan,” katanya.

Sementara, Yandi, seorang warga Koba mengatakan dirinya lebih memilih membeli jajanan berbuka yang terbungkus rapat, sehingga aman dari bakteri yang dibawakan lalat dan debu.

“Kalau saya membeli jajanan siap saji itu yang dalam keadaan dibungkus saja, termasuk gorengan kalau dibungkus dan ditutup baru saya beli,” katanya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...