DPRD Balikpapan Sesalkan Puskesmas Telagasari Tak Dibangunkan Drainase

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

260

BALIKPAPAN — Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan, Mieke Henny menyayangkan Puskesmas Telagasari yang memperoleh anggaran Dana Alokasi Khusus Rp2,4 miliar untuk pembangunan fisik tidak dibarengi drainase untuk sanitasi.

“Drainase untuk sanitasi tidak dibangunkan padahal pembangunan fisik mendapatkan bantuan DAK,” sebutnya saat melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan, Jumat (18/5/2018).

Disebutkan, pembangunannya telah berjalan 15 persen dan diitargetkan selesai pada Oktober mendatang.

“Untuk pembangunan fisik puskesmas Telagasari menerima Rp2,4 miliar, yang rencananya akan dibangun dua lantai. Katanya target rampung pada Oktober mendatang,” ungkapnya

Menurutnya, saluran sanitasi belum ada namun puskesmas sudah mulai dibangun.

“Seharusnya disediakan terlebih dahulu dan itu juga menjadi tugas dari Dinas Pekejaan Umum,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyoroti pengadaan jaringan internet yang hanya untuk 14 dari 27 puskesmas yang ada di daerah tersebut.

“Kenapa LAN itu cuma untuk empat puskesmas saja. Seharusnya bisa terkoneksi ke Dinas Kesehatan untuk seluruh puskesmas,” keluhnya.

Empat puskesmas yang mendapatkan jaringan internet yakni Telagasari, Manggar, Teritip dan Puskesmas Perawatan di Baru Ulu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Suheriyono menjelaskan, tidak ada drainase dan IPAL dalam pembangunan puskesmas Telagasari karena rehabilitasi secara total.

“Untuk IPAL seluruh puskesmas pengadaannya sedang berjalan. Sedangkan drainase di Puskesmas Telagasari memang tidak ada, nanti kita bahas kembali,” imbuhnya.

Sedangkan pengadaan 16 unit komputer maupun jaringan internet yang hanya 4 puskesmas di katakannya, pengadaan sudah sesuai aturan dan soal jaringan internet karenan memang hanya 4 puskesmas yang belum ada.

“Kalau pengadaan komputer telah sesuai aturan yang berlaku, mekanismenya melalui lelang dan sudah ada pemenangnya,” tandas Suheriyono.

Dia menambahkan sarana dan prasarana sejumlah puskesmas dilakukan secara bertahap sesuai dengan anggarannya.

Baca Juga
Lihat juga...