DPT Pilkada Sikka Bertambah 470 Pemilih

Editor: Koko Triarko

314

MAUMERE – Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serta Bupati dan Wakil Bupati Sikka 2018, bertambah sebanyak 470 orang.

“Setelah melakukan cek dan perbaikan, maka jumlah pemilih dalam DPT yang sudah ditetapkan sebanyak 187.672 berubah menjadi 188.142 pemilih, yang tersebar di 21 kecamatan di kabupaten Sikka,” sebut Fery Soge,Selasa (22/5/2018).

Juru bicara KPU kabupaten Sikka Fery Soge. -Foto: Ebed de Rosary

Juru bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sikka ini menjelaskan, penambahan dan pengurangan DPT terjadi di semua kecamatan, baik menambah jumlahnya maupun mengurangi, sebab ada nama pemilih ganda.

Perbaikan Rekapitulasi DPT di Kecamatan Waigete yang semula berjumlah  13.648 pemilih, ucap Fery, ditambah 395 pemilih di desa Nangatobong yang merupakan pemilih pindah TPS. Juga  dikeluarkan pemilih tanpa NIK sebanyak lima pemilih sehingga rekapitulasi pemilih dalam DPT di Kecamatan Waigete menjadi 14.038 pemilih.

“Perbaikan rekapitulasi DPT di Kecamatan  Alok yang semula berjumlah 18.564 pemilih menjadi 18.286 pemilih. Ini terjadi karena dikurangi pemilih ganda sebanyak 274 pemilih serta pemilih tanpa NIK sebanyak 4 pemilih,” jelasnya.

Rekapitulasi DPT di Kecamatan Alok Timur, beber Fery, yang semula berjumlah 17.666 pemilih bertambah menjadi 18.047 pemilih. Ada penambahan 381 pemilih yang terdapat dalam Data Base Kepedudukan kabupaten Sikka, karena kekeliruan operator dalam memfilter, sehingga pemilih terhapus dengan kategori bukan penduduk.

Ketua KPU Sikka, Vivano Bogar, menjelaskan, selain ada penambahan, juga terjadi pengurangan DPT, karena ada nama pemilih ganda di DPT yang sudah ditetapkan, sehingga dicek ulang dan dihapus dari DPT.

“Ada pengurangan 23 nama pemilih ganda yang tersebar di 10 kecamatan dengan jumlah mulai dari satu pemilih di kecamatan Kangae, hingga 11 pemilih di kecamatan Mapitara,” bebernya.

Ada beberapa kecamatan yang dikurangi satu pemilih, lanjut Vivano, yakni kecamatan Kangae, Kewapante,Lela,Magepanda,Talibura dan Tanawawo serta dikurangi dua nama pemilih di kecamatan Paga,Mego dan Koting serta 11 pemilih di kecamatan Mapitara.

Lihat juga...

Isi komentar yuk