banner lebaran

Dua Rute Transportasi AG Belum Penuhi Target Waktu

Editor: Mahadeva WS

157
Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (BPTJ Jabodetabek) Bambang Prihartono mengatakan masih melakukan simulasi ke dua untuk ke dua rute wisma atlet ke lokasi venue dalam waktu tempuh 30 menit - Foto Lina Fitria

JAKARTA – Dua dari delapan rute yang disiapkan untuk transportasi atlet dan ofisial Asian Games (AG) 2018 di Jakarta masih belum mencapai target 30 menit. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (BPTJ Jabodetabek) Bambang Prihartono mengatakan, rute-rute itu adalah dari wisma atlet Kemayoran ke lokasi (venue) pertandingan.

Ke delapan rute yang disiapkan adalah, rute Wisma Atlet-Gelora Bung Karno, Wisma Atlet-JIE Expo Kemayoran, Wisma Atlet-Ecopark Ancol, Wisma Atlet-Pulomas (Pacuan Kuda), Wisma Atlet-Velodrome, Wisma Atlet-Padepokan Pencak Silat Taman Mini, Wisma Atlet-Lapangan Golf Pondok Indah, dan Wisma Atlet-GOR POPKI Cibubur.

“Ada delapan rute yang kami set, kami persiapkan untuk rute dari penginapan ke venue. Panitia mengharapkan waktu tempuh perjalanan dari penginapan ke venue 30 menit. Tidak boleh lebih dari 30 menit supaya jadwal tidak berantakan,” kata Bambang, saat di temui Balaikota DKI Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Sementara ini, untuk waktu tempuh dari Wisma Atlet di Kemayoran menuju venue Asian Games 2018 masih belum seluruhnya tercapai karena masih lebih dari 30 menit.  BPTJ Jabodetabek masih melakukan simulasi ke dua rute tersebut. Rute pertama yang belum mencapai target waktu tempuh yaitu dari Wisma Atlet menuju Lapangan Golf Pondok Indah. “Di situ daerah crowded semua,” ujarnya.

Waktu tempuh normal dari Wisma Atlet ke Pondok Indah adalah 50 menit. Sementara hasil simulasi perjalanan masih memakan waktu 38 menit. Adapun rute kedua yang belum mencapai target, rute Wisma Atlet menuju Gelanggang Olahraga POPKI Cibubur, Jakarta Timur. “Rute delapan Wisma Atlet ke GOR POPKI Cibubur itu masih 35,1 menit,” ujarnya.

Masih ada simulasi ulang untuk kedua rute tersebut. Kendati masih lebih dari target, Bambang optimis waktu tempuh kedua rute tersebut dapat mencapai target melalui rekayasa lalu lintas dan perluasan ganjil genap. Sementara untuk enam rute lainnya yang diatur oleh BPTJ sudah aman karena mencapai target dibawah 30 menit.  “Yang lain ini sudah aman di bawah 30 menit,” tuturnya.

Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Panitia penyelenggara menargetkan waktu tempuh Wisma Atlet di Kemayoran menuju venue-venue Asian Games tak lebih dari 34 menit. Pengaturan rute ini, sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meminta disiapkan jalur khusus di dalam tol dan non tol bagi para atlet.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.