Ganjil Genap Diterapkan Selama Asian Games

Editor: Mahadeva WS

289
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menerapkan ganjil genap saat berlangsungnya Asian Games 2018 pada Agustus mendatang di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (24/5/2018) – Foto: Lina Fitria

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menerapkan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di sekitar venue Asian Games 2018. Kebijakan tersebut sebagai bagian dari upaya Jakarta ikut mendukung pelaksanaan Asian Games 2018.

Dengan upaya tersebut, diharapkan kemacetan yang terjadi di kawasan venue Asian Games bisa dikurangi. Sehingga arus lalulintas saat perhelatan olahraga terbesar di Asia tersebut berlangsung, bisa berjalan dengan lancar. “Kebijakan ganjil-genap akan dilakukan di sekitar vanue Asian Games. Hanya yang perlu digarisbawahi bahwa hal ini hanya berlangsung selama Asian Games,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (24/5/2018).

Dari rencana yang disusun, penerapan ganjil genap berlaku satu bulan sebelum pelaksanaan Asian Games. Aturan tersebut akan berlaku selama pelaksanaan pesta olahraga yang akan digelar mulai 18 Agustus mendatang. Setelah Asian Games, arus lalu lintas akan kembali normal atau aturan ganjil genap tidak berlaku permanen.

Disinggung mengenai pelaksanaan Asian Paragames, Anies menyebut sistem tersebut belum pasti diterapkan. Pemprov DKI Jakarta masih harus melakukan kajian jika hal tersebut akan diberlakukan. “Dari Asian Games ke Paragames ada jeda, dan itu nanti akan kami kaji ulang karena lokasinya tidak sebanyak lokasi Asian Games,” tambahnya.

Sebagai kompensasi kebijakan ganjil genap, Pemprov DKI akan menyediakan transportasi gratis kepada masyarakat yang ingin menyaksikan Asian Games. Sarana angkutan gratis yang disiapkan adalah bus Transjakarta. “Kita mengambil kebijakan bahwa para volunteer dan awak media itu bisa menggunakan TransJakarta secara gratis dan mereka bisa pakai yang penting terdaftar,” paparnya.

Dengan transportasi gratis, masyarakat diharapkan memarkir kendaraan pribadi di area tertentu yang sudah disiapkan. Mereka bisa melanjutkan perjalanan menuju venue menggunakan Transjakarta. Hanya saja, saat ini belum ditentukan di arena mana saja angkutan gratis disediakan.

Namun yang sudah dipastikan ada dua titik yang dipersiapkan yakni pinggiran Jakarta dan di sekitar venue. “Mudah-mudahan areanya bisa diumumkan sebelum lebaran,” ujarnya.

Kebijakan ganjil genap akan diberlakukan di Jalan H.R. Rasuna Said Kuningan, MT Haryono, Gatot Subroto, dan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Perluasan juga akan dilakukan hingga Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran.

Baca Juga
Lihat juga...