Gubernur Sumbar: Pesantren Ramadhan SMA Dilaksanakan di Sekolah Saja

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

328
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno/Foto: M. Noli Hendra

PADANG — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan untuk pelaksanaan pesantren Ramadhan bagi para siswa SMA sederajat tidak dilakukan di masjid/mushalla, tapi dilakukan di masing-masing sekolah.

Ia menilai, apabila dilaksanakan di masjid, ada yang tidak tepat dari sisi peserta. Karena di dalamnya juga ada dari SD dan SMP. Selain itu, guru yang mengajar kurang tepat untuk siswa SMA sederajat.

“Guru yang mengajar di pesantren Ramadhan itu latar pendidikannya kebanyakan dari guru SMP. Jadi apabila dicampurkan dengan siswa SMA sederajat, kurang pas jadinya,” katanya, Kamis (17/5/2018).

Selain itu, Irwan melihat akan sangat tidak efektif apabila disatukan. Keributan murid SD dinilai sangat tidak efisien bagi siswa SMA sederajat untuk mendapatkan ilmu.

“Bagusnya pesantren Ramadhan untuk SMA sederajat ya di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Adanya ungkapan dari Irwan Prayitno ini, karena untuk SMA sederajat merupakan wewenangnya provinsi. Sementara untuk SD dan SMP merupakan wewenangnya di masing-masing daerah kabupaten dan kota di Sumbar.

Untuk itu, baiknya pesantren Ramadhan dikemas dengan program tersendiri, tetap dilaksanakan di sekolah. Sehingga berjalan dengan efektif.

“Jadi nanti programnya yang dikemas sekolah dalam bentuk pesantren ramadhan, bukannya memindahkan pada masjid dan mushalla,”jelasnya.

Meski begitu, Ia mengakui hingga kini Pemprov Sumbar belum mengatur terkait kurikulum yang dijalankan sekolah SMA sederajat untuk pesantren Ramadhan. Sejak peralihan kewenangan, Pemprov Sumbar belum mengatur terkait kurikulum.

Sehingga bagi SMA/SMK pada Ramadhan tahun ini tetap mengacu pada kurikulum yang selama ini berlangsung pada kabupaten/kota masing-masing.

“Sekarang apa yang berlaku bagi kabupaten/kota maka SMA/SMK masih tetap mengacu pada itu,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengaku untuk pelaksanaan pesantren Ramadhan SMA/SMK sesuai dengan provinsi, dilaksanakan di sekolah. Sementara Kota Padang melaksanakan pesantren ramadhan di masjid dan mushalla.

“Kalau kita di Padang laksanakan di masjid dan mushalla mulai dari 21 Mei hingga 2 Juni,” tambahnya.

Baca Juga
Lihat juga...