Harga Bahan Pokok di Balikpapan Terpantau Naik Wajar

Editor: Koko Triarko

233

BALIKPAPAN  – Pemerintah Kota Balikpapan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional dan supermarket di Balikpapan. Harga daging ayam ras, telur dan bawang merah pun diketahui mengalami kenaikan. 

Pelaksana Tugas Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, mengungkapkan dari hasil sidak yang dilakukan hari ini, Rabu (16/5/2018), terpantau harga masih stabil dan kenaikan harga relatif terjangkau.

“Memang ada kenaikan, tapi tidak begitu signifikan masih terjangkau. Utamanya daging ayam, ya kita cari tahu persoalannya apa,” ucapnya usai melakukan sidak di pasar Klandasan.

Disebutkannya, harga bawang merah mengalami kenaikan, namun memasuki Ramadan harga sudah mengalami penurunan dari sebelumnya Rp45 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram.

“Kenaikan masih dalam batas toleransi, bahkan ada yang turun seperti bawang merah dari Rp45 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram,” kata Rahmad.

Ia berahrap, hingga lebaran pasokan aman sehingga harga tetap stabil. Kalau pun ada kenaikan masih bisa terjangkau masyarakat.

“Yang kita jaga adalah pasokannya dan harapannya sampai Ramadan nanti minimal pasokan aman dan mudah-mudahan tidak ada kenaikan,” katanya.

Sementara di pasar swalayan, kata Rahmad Ma’ud, harga juga masih relatif stabil. Bahkan, lebih murah ketimbang di pasar tradisional. Seperti harga beras maupun minyak goreng.

“Kalau yang supermarket relatif lebih stabil dibandingkan yang ada di pasaran, baiklah saya pikir tinggal memilih saja mana, yang penting harganya jangan sampai memberatkan masyarakat,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya terus melakukan langkah-langkah antisipasi dengan melakukan pengawasan terhadap distributor, khususnya menyangkut stok barang. Termasuk berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

“Langkah pengawasan kita akan mencoba berkoordinasi, kita akan mengecek juga para distributor-distributor yang masuk di Balikpapan itu yang sebenarnya perlu dijaga hulunya yang kita awasi,” tambah Rahmad.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.