Hari Ini Pemkot Malang Mulai Gelar Pasar Murah

Editor: Koko Triarko

222
MALANG – Dalam upaya menjaga kelancaran pasokan kebutuhan bahan pokok, agar tak terjadi kelangkaan, Pemerintah Kota Malang telah melakukan berbagai langkah antisipasi, salah satunya dengan rutin menggelar pasar murah.
“Menindaklanjuti arahan Presiden yang dituangkan dalam strategi menghadapi puasa dan hari besar keagamaan nasional, mulai hari ini hingga besok (31 Mei-1 Juni 2018) Pemkot Malang menggelar pasar murah Ramadan,” jelas Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat daerah Kota Malang, Rinawati, Kamis (31/5/2018).
Sekda Kota Malang, Wasto, berbelanja di Pasar Murah Ramadan. -Foto: Agus Nurchaliq
Menurutnya, tujuan diselenggarakannya pasar murah Ramadan tidak lain untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau pada bulan Ramadan.
Selanjutnya, untuk mengendalikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di pasaran, sehingga tidak terjadi kelangkaan yang berimbas pada naiknya harga kebutuhan pokok, serta memfasilitasi dan mendekatkan layanan kepada masyarakat.
“Selain penjualan paket sembako murah, juga tersedia pelayanan penukaran uang baru, penjualan produk-produk hasil urban farming hasil olahan, produk hasil peternakan dan perikanan, pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dan pelayanan gratis,” sebutnya.
Dikatakan Rinawati, dalam gelaran pasar murah Ramadan kali ini, dikuti 58 peserta, terdiri dari distributor bahan pangan, pelaku usaha, OPD, BUMD, kantor perwakilan Bank Indonesia dan unsur perbankan, BUMN, dan organisasi sosial kemasyarakatan.
“Selain melalui pasar murah, Pemkot Malang juga melaksanakan operasi pasar, memantau ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional, serta ketersediaan BBM dan LPG di Pertamina,” jelasnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto, menyambut baik atas terselenggaranya pasar murah Ramadan. Menurutnya, melalui kegiatan tersebut, tidak saja diharapkan mampu meringankan beban masyarakat yang berpenghasilan rendah agar dapat memenuhi kebutuhan pokok dengan kualitas yang baik dan harga murah, namun pada dasarnya hikmah yang dapat dipetik dalam pelaksanaan pasar murah ini adalah mempererat hubungan pemerintah kota Malang dengan masyarakat.
“Terlebih saat ini dalam suasana bulan penuh berkah, merupakan momen yang tepat untuk siar Islam yang berbasis sosial kemasyarakatan, serta merupakan cerminan kegiatan yang berusaha menggugah semangat kebersamaan, solidaritas dan kepedulian sosial,” ungkapnya, mewakili Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi, saat membuka acara Pasar Murah Ramadan di Jalan Gajahmada.
Baca Juga
Lihat juga...