Jualan Takjil Sehat Beri Tambahan Penghasilan IRT

Editor: Mahadeva WS

321

LAMPUNG – Datangnya puasa memberikan berkah bagi Ibu Rumah Tangga (IRT) di Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan. Para ibu menjajakan menu berbuka puasa yang sehat untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Salah satu menu takjil yang dijual untuk menu berbuka puasa [Foto: Henk Widi]
Salah satu ibu rumah tangga warga Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Siti Amsaroh (34) menyebut, berjualan takjil merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan setiap hari selama Ramadan. Berbagai menu tradisional yang menyehatkan dijajakan.

Menu berbuka puasa yang disiapkan diantaranya, putu mayang, otak otak ikan tenggiri, rujak tahu, asinan buah, es cendol, dan aneka macam gorengan. Berbagai menu tersebut dibuat bersama dengan warga lainnya Solekah (34). Pembuatan makanan dilakukan sejak siang hingga sore hari menjelang waktu berbuka.

“Sebagian besar menu kulier yang saya buat menggunakan bahan-bahan tradisional untuk pembuatan menu berbuka puasa yang kerap disukai warga,” terang Siti Amsaroh saat ditemui Cendana News, Jumat (18/5/2018).

Berjualan menu berbuka puasa merupakan pekerjaan sambilan yang dikerjakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pada hari pertama berjualan menu berbuka puasa Dia menyebut bisa memperoleh keuntungan Rp300.000 hingga Rp500.000. Lokasi strategis di tepi jalan lintas membuat tempatnya berjualan sering disinggahi oleh warga yang ngabuburit.

Siti Amsaroh sengaja menggunakan bahan-bahan tradisional berupa tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras. Selain bahan utama jenis pemanis berupa gula merah dan gula putih menjadi bahan untuk pemanis sejumlah menu berbuka yang dibuatnya. Jenis ikan tenggiri bahkan disediakannya dalam kondisi segar dari tempat pendaratan ikan bom Kalianda. Aktivitas berjualan takjil di depan rumah dimulai pukul 16.00 WIB. Pembeli mulai ramai berdatangan pada pukul 17.30 WIB.

Kegiatan berjualan menu berbuka puasa disebut pedagang takjil lainnya Hesty (30) menjadi cara untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa. Pada malam hari Dia mengisi waktu bersama keluarganya untuk menjalankan ibadah tarawih. Berbagai jenis menu kuliner tradisional yang disediakan merupakan menu yang hanya muncul saat Ramadan diantaranya  putu mayang yang merupakan makanan manis untuk berbuka puasa.

Salah satu konsumen Nindi menyebut, senang membeli menu otak otak dan es cendol. Menu tersebut dibelinya satu jam sebelum berbuka puasa sembari ngabuburit bersama teman-temannya. Menu takjil yang disukai adalah makanan yang manis.

Baca Juga
Lihat juga...