Kapuas Hulu Krisis Ulama

288
Ilustrasi -Dok: CDN

PUTUSSIBAU – Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu, HM Kusyairi, mengatakan saat ini di Kapuas Hulu mengalami krisis ulama. Bahkan, tidak ada ulama di kabupaten tersebut setelah meninggalnya Ustad H Ahmad AB beberapa tahun lalu.

“Satu-satunya ulama Kapuas Hulu itu sudah meninggal dan saat ini belum ada pengganti beliau,” kata Kusyairi, ditemui di Putussibau wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (23/5/2018).

Saat didampingi stafnya, Kusyairi mengatakan saat ini di Kapuas Hulu hanya ada tokoh agama, itu pun karena dianggap tokoh oleh masyarakat karena lebih tahu tentang agama tempat masyarakat bertanya.

Menurut dia, Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu sudah melakukan pendataan terhadap tokoh Agama Islam yang jumlahnya sekitar 20 orang, tersebar di hampir kecamatan di wilayah tersebut.

“Kami sudah melakukan pendataan yang ada hanya seseorang yang ditokohkan oleh masyarakat setempat, karena mengerti tentang agama,” jelas Kusyairi.

Dikatakan Kusyairi, Kapuas Hulu saat ini memang mengalami krisis ulama, sehingga menyikapi persoalan itu ke depan pihaknya akan mencetak calon-calon ulama, yang nantinya akan dikirim untuk mendapatkan pengetahuan mendalam sesuai kriteria dari Kementerian Agama.

“Persoalan ulama, saya rasa ini memang tugas kita ke depannya, harus ada ulama di Kapuas Hulu,” tegas Kusyairi.

Dia juga meminta, agar para tokoh agama fokus melakukan pembinaan kepada umat untuk keimanan dan ketakwaan. (Ant)

Lihat juga...