KPK Amankan Uang Tunai Rp400 Juta dalam OTT di Buton Selatan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

214

JAKARTA — Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan uang tunai ratusan juta Rupiah dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di wilayah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Untuk sementara jumlah uang yang sudah berhasil ditemukan sekitar Rp400 juta” jelas Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Disebutkan, tidak tertutup kemungkinan akan kembali ditemukan barang bukti baru dari hasil pengembangan OTT tersebut yang melibatkan Bupati Buton Selatan.

Dikatakan, pihaknya menduga uang yang diamankan tersebut merupakan “commitment fee” terkait perizinan proses lelang tender sejumlah proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan.

Selain itu, petugas KPK juga menangkap sejumlah orang yang diduga terlibat, di antaranya oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) setempat, konsultan dari sebuah lembaga survei hingga pihak swasta.

Hingga malam, sepuluh orang yang terjaring dalam OTT menjalani pemeriksaan intensif di Kantor Mapolres Kota Bau-Bau, Kabupaten Buton Selatan. Pemeriksaan untuk mengetahui peran masing-masing pihak yang diduga ikut terlibat.

Baca Juga
Lihat juga...