KPK Periksa Dua Adik Kandung Zumi Zola

Editor: Koko Triarko

299
Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah. –Foto: Eko Sulestyono

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi memanggil sejumlah saksi terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) penerimaan suap atau gratifikasi yang menjerat Zumi Zola, mantan Gubernur Provinsi Jambi.

Ada dua saksi penting yang dipanggil penyidik KPK, masing-masing Zumi Lala dan Zumi Laza Zulkifli. Keduanya merupakan saudara kandung Zumi Zola (ZZ).

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, menjelaskan, kedua saksi tersebut akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka ZZ, salah satunya untuk mendalami penyelidikan terkait adanya penemuan sejumlah uang tunai di Vila milik keluarga ZZ di Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

“Yang bersangkutan juga akan dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi berupa penerimaan suap atau gratifikasi untuk menyuap sejumlah oknum Anggota DPRD Provinsi Jambi. Uang suap tersebut diduga berasal dari pemberian tersangka ZZ saat dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Provinsi Jambi”, kata Febri Diansyah, Kamis (24/5/2018).

Selain itu, kata Febri Diansyah, keduanya juga akan diperiksa untuk tersangka lain, yaitu Arfan, mantan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

“Arfan diduga telibat dalam kasus perkara dugaan korupsi perizinan sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Jambi”, katanya.

Sebelumnya, penyidik KPK juga telah memanggil sejumlah saksi yang berasal dari unsur keluarga tersangka ZZ, di antaranya Sherin Taria, istri ZZ dan Harmina Djohar, ibu kandung ZZ.

Tersangka ZZ diduga telah menerima sejumlah uang suap atau gratifikasi sebesar Rp6 miliar, yang berasal dari perizinan lelang tender proyek.

Sebagian uang tersebut kemudian diberikan kepada sejumlah oknum Anggota DPRD Provinsi Jambi untuk memuluskan pembahasan APBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2016.

Baca Juga
Lihat juga...