KPK Periksa Saksi Dugaan Suap Mantan Gubernur Sumut

Editor: Koko Triarko

222
Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah. –Foto: Eko Sulestyono

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa sejumlah saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) penerimaan suap atau gratifikasi, yang diduga dilakukan Gatot Pujo Nogroho, mantan Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Salah satu saksi penting yang diperiksa adalah Ajib Shah, mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumut. Keterangannya akan digunakan penyidik KPK untuk kepentingan melengkapi berkas perkara penyidikan dalam kasus korupsi tersebut.

Demikian keterangan Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Gedung KPK Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Menurut Febri Diansyah, pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Ajib Shah sebagai bagian dari pengembangan penyelidikan terkait dugaan kasus korupsi dengan tersangka Gatot Pujo dan sejumlah oknum Anggota DPRD Provinsi Sumut.

“Ajib Shah dimintai keterangan sebagai saksi untuk dua tersangka sekaligus, masing-masing Muhammad Faisal dan Ferry Suando Tanuray, terkait dugaan korupsi yang menjerat tersangka Gatot Pujo Nugroho, mantan Gubernur Provinsi Sumut”, jelas Febri Diansyah.

Dugaan korupsi tersebut terkait penerimaan suap atau gratifikasi dengan tujuan untuk memuluskan rencana pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Sumut.

Gatot Pujo diduga menyuap sejumlah oknum anggota dewan, agar mereka menyetujui dan mengesahkan pembahasan RAPBD  Provinsi Sumut.

Dalam kasus tersebut, penyidik KPK resmi menetapkan 38 orang mantan DPRD Provinsi Sumut sebagai tersangka. Mereka diduga telah menerima atau ikut menikmati sejumlah aliran dana yang berasal dari tersangka Gatot Pujo Nugroho.

Besaran jumlah penerimaan uang yang diterima masing-masing oknum anggota dewan berbeda, namun diperkirakan nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu, saksi Ajib Shah, sebelumnya juga telah divonis bersalah karena terbukti telah menerima uang yang diduga sebagai suap sebesar Rp1,195 miliar.

Uang tersebut berasal dari pemberian Gatot Pujo pada saat yang bersangkutan masih menjabat sebagai Gubernur Provinsi Sumut.

Ajib Shah sempat menjalani hukuman penjara selama 4 tahun dan ditambah  hukuman denda Rp200 juta. Ajib Shah merupakan salah sati saksi penting yang diduga mengetahui secara detil dugaan suap atau gratifikasi yang melibatkan tersangka Gatot Pujo Nugroho.

Baca Juga
Lihat juga...