KPU Sikka Rekrut 4.985 KPPS

Editor: Mahadeva WS

266

MAUMERE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka melakukan rekruitmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas. Untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dibutuhkan 4.985 orang tenaga baik KPPS maupun linmas.

Juru bicara KPU kabupaten Sikka Fery Soge.Foto : Ebed de Rosary

Pilkada Kabupaten Sikka akan dilaksanakan di 555 TPS. “Saat ini kami sedang merekrut 3.885 anggota KPPS dan 1.110 tenaga Linmas untuk ditempatkan di 555 TPS se-kabupaten Sikka saat pencoblosan 27 Juni nanti,” sebut juru bicara KPU Sikka Fery Soge, Jumat (25/5/2018).

Proses perkrutan diakukan hingga 30 Mei mendatang. Prosesnya dilakukan melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 147 desa dan 13 kelurahan. Setelah direkrut, KPU akan melakukan pelantikan antara 1 hinga 3 Juni mendatang.

“Untuk KPPS satu TPS  terdapat 7 orang, sedangkan untuk Linmas satu TPS 2 orang.Kami berharap segala persiapan jelang pemungutan suara tanggal 27 Juni 2018 nanti bisa berjalan dengan baik sesuai tahapan yang telah dijadwalkan,” ungkapnya.

Anggota DPRD Sikka Alexander Agato Hasule berharap, petugas yang direkrut harus benar-benar melalui seleksi ketat. Mereka diharapkan berasal dari orang yang netral dan bukan merupakan anggota partai politik, tim kampanye ataupun tim sukses salah satu pasangan calon.

Untuk itu Aleks berharap, dalam pembekalan kepada KPPS, KPU Sikka harus benar-benar menekankan pentingnya menjaga netralitas dan menghindari tindakan manipulasi suara. Hal itu dapat menimbulkan konflik antar pendukung pasangan calon.

Baca Juga
Lihat juga...