Lebaran, BI NTB Siapkan Uang Tunai Rp2,4 Triliun

Editor: Koko Triarko

250
Kepala BI Perwakilan Wilayah NTB, Achris Sarwani/Foto: Turmuzi
MATARAM – Guna memenuhi kebutuhan penukaran uang pecahan kecil maupun besar selama Ramadan hingga menjelang Lebaran, Bank Indonesia Wilayah NTB menyiapkan uang tunai hingga Rp2,4 triliun.
Kepala BI Perwakilan Wilayah NTB, Achris Sarwani, mengatakan, uang itu terdiri dari pecahan kecil Rp20.000 ke bawah sebesar 60 persen dan uang pecahan besar senilai Rp50.000, dengan lokasi penukaran di Lapangan Sangkareang, Lanud Rembiga dan Lapangan Malomba.
Dalam memberikan Layanan langsung penukaran uang pecahan kepada masyarakat, BI menggandeng 12 bank, jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 6 bank, tapi dari sisi waktu sekarang ini dibatasi.
“Kalau yang layanan langsung di lapangan waktunya singkat, tapi kalau layanan di kantor bank masing-masing pelayanan penukaran dilakukan hingga menjelang lebaran”, katanya, Senin (28/5/2018).
Sejauh ini, tingkat transaksi penukaran masih normal. Lonjakan biasa akan berlangsung jelang mendekati lebaran.
Dikatakan, masyarakat yang melakukan penukaran uang pecahan umumnya digunakan untuk kebutuhan zakat maupun THR jelang lebaran, baik dilakukan perorangan maupun perusahaan.
Saidi, warga Kabupaten Lombok Tengah, mengaku sengaja datang menukar uang pecahan sebagai THR bagi keluarga, keponakan dan sanak keluarga lain.
“Kalau menukar uang pecahan, biasa untuk  THR keluarga di kampung, momen lebaran kan hanya satu kali dalam setahun, mumpung ada rezeki, kita berbagi”, katanya.
Baca Juga
Lihat juga...