Lele Kemangi Bumbu Pedas, Menu Penggugah Selera

Editor: Satmoko

298

LAMPUNG – Menu kuliner dengan cita rasa pedas masih menjadi sajian penggugah selera saat bulan puasa Ramadan, salah satunya berbahan ikan lele.

Lisdaryanti (30) salah satu warga Kecamatan Penengahan Lampung Selatan menyebut ikan air tawar diakuinya menjadi varian selama bulan puasa. Sebab selama pelaksanaan bulan suci Ramadan ia kerap menyajikan berbagai varian lauk berupa daging ayam, sapi, tempe serta ikan air tawar.

Varian yang beragam setiap hari disebutnya bertujuan menggantikan energi yang hilang selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Lisdaryanti melakukan proses menggoreng lele sangkuriang yang akan dipergunakan untuk membuat lele kemangi bumbu pedas [Foto: Henk Widi]
Salah satu menu buka puasa disebut Lisdaryanti dibuat untuk memanjakan lidah dengan bumbu lengkap dan rasa yang menggugah selera. Selain itu dengan adanya menu yang sehat dan memiliki nutrisi yang cukup bisa menjaga kesehatan tubuh bagi yang mengonsumsi.

Jenis lele sangkuriang hasil budidaya kolam sang suami dipilih dari lele yang sudah didiamkan selama beberapa hari dan tidak diberi makan. Tujuannya agar kondisi ikan lele sudah bersih dari kotoran selama dipelihara dalam kolam.

Pilihan ikan lele disebut Lisdaryanti menjadi pilihan menu selama bulan Ramadan dengan tujuan tidak membeli menu berbuka dan sahur dari luar. Selain itu ia menyebut dengan melakukan proses memasak di rumah, ia bisa menghemat sepanjang bulan Ramadan dari pengeluaran untuk berbuka dan sahur.

Menu lele kemangi bumbu pedas disebut Lisdaryanti bisa dipergunakan untuk berbuka puasa dan sahur.

Lele kemangi bumbu pedas siap disantap sebagai menu berbuka puasa [Foto: Henk Widi]
“Selama bulan Ramadan kebutuhan untuk kuliner memang harus saya atur sedemikian rupa agar keluarga tidak bosan, sekaligus tetap mempertahankan nilai gizi dari masakan yang diolah sendiri di rumah,” terang Lisdaryanti, salah satu warga di Penengahan saat ditemui Cendana News, Selasa petang (26/5/2018).

Bahan untuk pembuatan kuliner lele kemangi bumbu pedas juga diperoleh dari pekarangan. Lele hasil budidaya sang suami berusia sekitar empat bulan dengan teknik budidaya kolam terpal sistem organik bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lauk rumah tangga.

Beberapa bumbu seperti cabai merah dan kemangi untuk kuliner bahkan diperoleh dari hasil menanam di lahan pekarangan tanpa harus membeli.

Bahan bahan bumbu untuk membuat lauk lele kemangi bumbu pedas untuk berbuka puasa [Foto: Henk Widi]
Selain bahan ikan lele sebanyak lima ekor, bahan yang harus dipersiapkan untuk pembuatan lele kemangi bumbu pedas di antaranya beberapa bumbu pelengkap.

Bumbu yang disiapkan di antaranya daun jeruk, daun salam, lengkuas, jahe, minyak goreng, tomat, daun kemangi. Selain itu disiapkan kemiri, cabai merah, kunyit yang dihaluskan untuk menambah cita rasa lele.

Lele yang akan diolah terlebih dahulu dibersihkan dengan cara membuang bagian perut untuk menghilangkan bau amis digunakan air jeruk nipis.

Ikan lele sangkuriang yang sudah digoreng disebut Lisdaryanti langsung ditiriskan. Sementara proses meniriskan lele semua bumbu dimasak menggunakan minyak goreng diantaranya daun jeruk, lengkuas, daun salam, dan jahe.

Lele yang dimasak dengan beragam bumbu tersebut didiamkan hingga bumbu meresap. Santan kelapa yang sudah disiapkan dimasukkan dalam lele yang telah dicampur dengan beragam bumbu dan daun kemangi.

“Setelah matang ikan lele bisa diangkat dan disajikan dalam sebuah piring dengan tambahan daun kemangi segar,” beber Lisdaryanti.

Aroma kemangi akan muncul dalam proses pemasakan meski daun kemangi tetap bisa disajikan dalam kondisi segar sebagai lalapan. Setelah menu lele kemangi bumbu pedas matang sajian tersebut bisa dihidangkan menunggu waktu berbuka puasa serta bisa dipergunakan untuk menu sahur.

Menu lele kemangi bumbu pedas disebut Lisdaryanti sekaligus menjadi menu favorit bagi keluarganya, terlebih selama Ramadan.

Christeva yang menikmati menu lele kemangi bumbu pedas menyebut, menyukai kuah santan yang terasa pedas dengan aroma kemangi yang harum. Disantap dengan nasi hangat, menu sederhana tradisional tersebut cukup menggugah selera saat berbuka puasa.

Menu kuliner lele kemangi bumbu pedas selain nikmat disajikan dalam kondisi hangat juga nikmat disajikan dalam kondisi dingin untuk sahur.

Baca Juga
Lihat juga...