Masjid YAMP Al Amin, Pusat Kegiatan Peribadatan di Sentolo

Editor: Satmoko

400

YOGYAKARTA – Terletak di Jalan Nasional Jogja-Wates, tepatnya di Dusun Klebakan, Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo, Masjid Al-Amin nampak berdiri megah. Sejak dibangun oleh Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila (YAMP) pada tahun 1993 silam, masjid dengan ciri khas atap susun tiga ini hampir tak pernah sepi.

Setiap hari selalu saja ada orang yang berkunjung dan beribadah di masjid YAMP Al Amin ini. Apalagi saat waktu tertentu seperti salat Jumat, masjid berukuran 17×17 dengan daya tampung 700 orang ini selalu ramai penuh sesak dipenuhi jamaah umat muslim.

“Sejak berdiri, masjid ini memang menjadi sentral kegiatan ibadah umat muslim di Kecamatan Sentolo. Jamaah meliputi tiga desa yakni, Klebakan, Siwalan dan Gembongan. Setiap Jumatan, jamaah selalu penuh, bahkan sampai ke serambi. Tempat parkir saja sampai tidak cukup,” ujar Ketua Takmir Masjid Al Amin Sumardi.

Sumardi Ketua takmir majid Al Amin (duduk) bersama sejumlah pengurus masjid lainnya berfoto di depan prasasti peresmian bertanda tangan Pak Harto. Foto: Jatmika H Kusmargana

Selain menjadi pusat kegiatan ibadah warga desa, posisi masjid yang terletak di pusat ibu kota kecamatan juga menjadikan masjid Al Amin jadi tujuan ibadah semua kalangan.

Selain para musafir yang melintas di Jalan Nasional Jogja-Wates, para jamaah juga berasal dari karyawan dan pegawai kantor kecamatan, puskesmas, pedagang pasar, hingga sejumlah bank, dan pertokoan di sekitar masjid.

“Awalnya dulu di sini belum ada masjid. Lalu warga desa sepakat mengajukan bantuan pendirian masjid ke Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila, milik Pak Harto. Lalu dikabulkan. Dan masjid ini pun didirikan di atas tanah kas desa seluas 1800 meter, sampai saat ini,” ungkap Sumardi.

Selain rutin menggelar kegiatan ibadah, Masjid Al Amin juga rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Diantaranya pengajian umum di setiap tanggal merah dan hari libur dengan sarapan bersama, pengajian rutin bapak-bapak dan ibu-ibu, pengajian rutin remaja, hingga pengajian anak dan TPA.

“Sebagaimana masjid pada umumnya, saat bulan Ramadan, kita menyelenggarakan pengajian setiap menjelang buka puasa, bakda tarawih dan selepas Subuh. Termasuk juga tadarus dan kajian Al-Quran setiap malam. Hingga pembagian takjil sebanyak 100-200 bungkus,” jelasnya.

Suasana ruangan dalam masjid Al Amin di Dusun Klebakan Salamrejo Sentolo. Foto Jatmika H Kusmargana

Seiring semakin makmurnya masjid Al Amin, pihak pengelola pun saat ini tengah melakukan sejumlah renovasi khususnya di bagian plafon dan serambi. Jika memungkinkan mereka juga tengah berencana melakukan perluasan untuk dapat menampung jamaah yang memang sudah semakin banyak jumlahnya.

“Keberadaan dan manfaat Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila jelas sangat besar sekali. Bahkan sampai saat ini masih bisa dirasakan. Kita berharap YAMP dapat terus eksis sampai kapan pun untuk membantu umat muslim. Termasuk membantu merenovasi masjid-masjid yang sudah ada,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...