Menteri PUPR Penuhi Panggilan KPK

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

220

JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono menjalani pemeriksaan beberapa jam di Gedung KPK sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek pembangunan jalan di Kementrian PUPR di bawah naungan Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IX yang meliputi Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Basuki bersaksi untuk tersangka Rudy Erawan, mantan Bupati Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara.

“Saya datang untuk memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik KPK. Saya diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan jalan untuk tersangka Rudi Erawan, tadi saya sempat menjawab beberapa pertanyaan yang ditanyakan penyidik di antaranya seputar proyek pembangunan jalan di wilayah Maluku dan Maluku Utara,” jelasnya di Gedung KPK Jakarta, Senin (14/5/2018).

Dalam kasus tersebut penyidik KPK telah menetapkan Rudy sebagai tersangka yang diduga telah menerima suap untuk memuluskan perizinan dalam proyek tersebut.

Sementara itu Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi wartawan membenarkan terkait kehadiran Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono di Gedung KPK Jakarta.

Menurut Febri penyidik KPK memang sudah mengagendakan atau menjadwalkan ulang pemanggilan sekaligus pemeriksaan terhadap Basuki karena sebelumnya sempat berhalangan.

“Penyidik KPK memanggil Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono hari ini, yang bersangkutan diperiksa dan dimintai keterangannya dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Rudy Erawan, Bupati Halmahera Timur non aktif,” pungkas Febri Diansyah.

Keterlibatan Rudy dalam kasus dugaan korupsi tersebut diungkap dalam persidangan berdasarkan keterangan dari tersangka lain, Amran H. Mustary mantan Kepala BPJN Wilayah IX Maluku dan Maluku Utara.

Ia menyebut pernah memberikan sejumlah uang tunai yang diduga sebagai suap senilai Rp6 miliar. Menurut keterangan Amran, uang tersebut telah diterima oleh Rudy Erawan yang saat itu menjabat sebagai Bupati Halmahera Timur, Maluku Utara.

Baca Juga
Lihat juga...