Mudik Lebaran, Pelindo Siapkan Tenda dan Penguat Sinyal

Editor: Koko Triarko

251

BALIKPAPAN – Menjelang musim mudik tahun ini, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Balikpapan mulai melakukan berbagai persiapan.

Selain berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan, upaya meningkatkan kenyamanan calon penumpang juga dilakukan, salah satunya dengan menyiapkan tenda dan penguat sinyal.

“Tenda akan kami gunakan untuk mengantisipasi pengunjung yang tak tertampung di terminal. Sedangkan penguat sinyal, seperti kita ketahui, merupakan salah satu fasilitas yang paling diinginkan oleh masyarakat, khususnya penumpang kapal,” kata GM Pelindo IV Cabang Balikpapan, H Baharuddin, Rabu (23/5/2018).

General Manager Pelindo IV Cabang Balikpapan, H Baharuddin. –Foto: Ferry Cahyanti

Menurutnya, penguat sinyal dan wifi bisa menjadi daya tarik bagi pemudik yang tak bisa pulang dengan pesawat. Dengan fasilitas ini, diharapkan semakin banyak pemudik menggunakan kapal.

“Pelindo akan melakukan pemasangan alat penguat sinyal di sekitar pelabuhan. Untuk jangka panjangnya, bekerja sama dengan operator membangun tower di atas gedung agar sinyal lebih stabil,” imbuhnya, didampingi Manager PBAU dan TUKS, Chairil Anwar.

Selama ini, Pelabuhan Semayang telah memiliki fasilitas internet nirkabel atau wifi. Fasilitas itu disediakan oleh Pelindo dan Pelni bagi penumpang yang menunggu keberangkatan. Untuk menambah kecepatan akses internet, Pelindo bakal memasang penguat sinyal di sekitar dermaga.

Wifi sebelumnya hanya tersedia di ruang tunggu lantai dua. Berdasarkan masukan, kami menambah fasilitas tersebut. Selama ini ada keluhan penumpang lebih memilih menunggu di luar sambil menunggu barang bawaan,” kata Hairil.

Tahun ini, Pelindo mengutamakan arus mudik dan kapal penumpang dan logistik. Kapal jenis roll on-roll off (roro) dan kargo menjadi prioritas. Kapal kargo dan kapal roro tersebut di antaranya membawa logistik dari Surabaya, Jakarta, dan Makassar.

Berkaitan dengan lonjakan penumpang, diprediksi bakal ada kenaikan secara signifikan, namun untuk awal Ramadan ini kenaikan jumlah penumpang baru mencapai tiga hingga empat persen. Pelindo memperkirakan penumpang yang akan berangkat dari Pelabuhan Semayang sekitar 17.000 orang.

“Secara nasional, ada kenaikan jumlah penumpang mencapai 2,5 persen. Tapi, untuk Balikpapan sekitar 4 persen,” sebutnya.

Pelindo bersama seluruh stakeholders telah membahas bersama mengenai persiapan arus mudik dan arus balik Ramadan dan Idul fitri 2018 ini. Di antaranya juga melalui persiapan Posko Mudik di Pelabuhan semayang mulai H-15 sampai H+15 Idul fitri nanti.

Menurutnya, ini sebagai bentuk pelayanan penumpang. Saat ini kapasitas gedung terminal Pelabuhan Semayang hanya mampu menampung 3.000 orang.

Baca Juga
Lihat juga...