MUI NTT Kecam Tindakan Terorisme Pemboman Gereja di Surabaya

Editor: Satmoko

379

KUPANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi NTT mengecam keras dan mengutuk segala tindakan terorisme, segala macam macam tindakan menggunakan kekerasan apalagi yang mengatasnamakan agama dengan cara menebarkan teror, kebencian, dan kekerasan yang bukan ciri ajaran Islam yang Rahmatan lil Alamin.

“MUI NTT menyampaikan rasa bela sungkawa yang sangat mendalam kepada keluarga korban atas musibah yang sedang dialami,” sebut Ketua MUI NTT, H Abdul Kadir Makarim, Minggu (13/5/2018).

MUI NTT tegas Makarim, mendukung penuh upaya dan langkah-langkah aparat keamanan untuk mengusut secara cepat dan tuntas motif, pola, serta gerakan yang memicu terjadinya peristiwa tersebut.

“Kami mengajak seluruh warga NTT untuk bersatu padu menahan diri, tidak terprovokasi serta terus menggalang solidaritas kemanusiaan sekaligus menolak segala bentuk kekerasan,” sebutnya.

MUI NTT juga kata Makarim, mengimbau umat Muslim untuk senantiasa meningkatkan dzikrullah dan berdoa kepada Allah SWT untuk keselamatan, keamanan, kemaslahatan, dan ketenteraman hidup dalam berbangsa dan bernegara.

“Kami juga meminta kepada semua pihak untuk menghentikan segala spekulasi yang bisa memperkeruh peristiwa ini. Serta mendesak pemerintah untuk mengambil langkah tegas serta cepat terkait penanganan dan isu terorisme maupun radikalisme,” ungkapnya.

Ketua DPRD provinsi NTT H.Anwar Pua Geno. Foto : Ebed de Rosary

Sementara itu Ketua DPRD NTT, H. Anwar Pua Geno, S.H meminta segenap masyarakat di wilayah NTT agar tetap menjaga suasana sejuk dan penuh kedamaian yang sudah terbina sejak dahulu kala di bumi Flobamora tercinta. Masyarakat jangan terprovokasi dengan hal-hal yang merusak kebersamaan dan persaudaraan.

“Saya mengecam dan mengutuk keras tindakan barbar dan jahat yang keji, brutal serta sangat menghancurkan rasa kemanusiaan yang dilakukan oleh oknum teroris yang tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

Selaku Ketua DPRD NTT, Anawar meminta kepada Presiden dan Kapolri untuk mengerahkan aparat Polri, bila perlu dibantu TNI untuk mengambil langkah-langkah cepat dan tegas dalam menindak pelaku yang masih berkeliaran. Juga menindak tegas oknum atau dalang di balik tindakan biadab ini.

Negara tegas Anwar, harus hadir secara tegas menghancurkan teroris sampai ke akar – akar dan jaringannya, pelakunya pun harus dihukum seberat-beratnya. Sebagai ketua DPRD NTT dirinya menyampaikan turut berdukacita yang mendalam dan doa untuk arwah para korban dan kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan.

“Kepada seluruh warga NTT, selaku ketua DPRD NTT saya meminta supaya tetap menjaga suasana sejuk dan damai dalam ikatan persaudaraan yang kokoh sejak dahulu kala,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...