Ngabuburit, Sejumlah Objek Wisata Jadi Lokasi Favorit Warga

Editor: Satmoko

300

LAMPUNG – Hari libur anak sekolah selama beberapa hari memasuki awal puasa Ramadan, libur akhir pekan membuat sejumlah objek wisata di Kalianda ramai dikunjungi wisatawan.

Sejumlah pengunjung umumnya melakukan kegiatan bersantai di tepi pantai seusai Subuh melakukan sahur dilanjutkan dengan jalan santai di tepi pantai. Pantai Ketang di Sinar Laut Kecamatan Kalianda yang berada di tepi jalan raya merupakan salah satu tempat favorit saat pagi dan sore hari.

Selain pantai Ketang, dermaga Bom lokasi wisata kuliner dan pantai Maja Kalianda serta pantai Bagus Merak Belantung menjadi tempat bersantai saat pagi dan sore selama bulan Ramadan.

Hesti dan kawan kawannya menghabiskan waktu jelang berbuka puasa di pantai Bagus Kalianda Lampung Selatan [Foto: Henk Widi]
Hesti (15) salah satu warga Kalianda menyebut, sengaja berkunjung ke pantai Bagus menjelang berbuka puasa. Pantai yang dekat dengan akses jalan lintas Sumatera berpasir putih tersebut menjadi lokasi untuk bersantai.

Selain suasana yang nyaman jelang matahari terbenam (sunset) di sepanjang jalan ia bersama kawan kawan bisa membeli kuliner berbuka puasa pada puasa Ramadan 2018/1439 H.

“Lokasi yang dekat dengan jalan dan bisa ditempuh dengan mudah membuat kami sering menghabiskan waktu ngabuburit bersama kawan-kawan di pantai Bagus, kadang langsung pindah ke dermaga Bom,” terang Hesti, salah satu pengunjung pantai Bagus yang ditemui Cendana News saat ngabuburit pada pekan pertama Ramadan ini.

Selain pantai Bagus salah satu pantai yang kerap digunakan untuk menghabiskan waktu jelang berbuka puasa warga Kalianda di antaranya pantai Ketang.

Dermaga Bom Kalianda sebagai pusat wisata kuliner menjadi lokasi favorit untuk berburu takjil [Foto: Henk Widi]
Irwan (30) salah satu warga Kalianda menyebut lokasi yang sejajar dengan jalan raya kerap dikunjungi saat jelang berbuka puasa. Pantai Ketang disebutnya semenjak dua pekan direhabilitasi dengan jalan aspal bahkan semakin ramai dikunjungi dan menjadi lokasi untuk bersantai pada pagi hari dan sore hari.

Irwan menyebut, saat pagi hari dengan akses jalan yang baik sejumlah keluarga yang sudah melaksanakan salat Subuh dan sahur kerap terlihat berkeliling untuk olahraga pagi.

Udara yang masih segar dan sejuk, lokasi dengan bebatuan hitam dan pasir putih tersebut menjadi pilihan warga untuk bersantai. Pilihan mengunjungi pantai Ketang diakui Irwan karena untuk masuk ke pantai tersebut pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Pantai persis berada di tepi jalan.

“Pagi jika menjelang siang warga bisa kembali ke rumah, saat matahari semakin tinggi. Saat sore hari bisa sembari menunggu berbuka puasa,” beber Irwan.

Selain pantai Ketang, lokasi objek wisata dermaga Bom Kalianda yang berdekatan dengan jajaran pantai Maja juga menjadi lokasi favorit ngabuburit. Perluasan lahan di sisi barat berdekatan dengan dermaga nelayan dan pantai way panas membuat masyarakat memiliki lokasi yang luas untuk menghabiskan waktu sore hari bersama keluarga.

Irwan bahkan menyebut dermaga bom selama bulan Ramadan menjadi lokasi wisata keluarga untuk berburu takjil.

Selain menjadi lokasi berburu takjil, objek wisata yang dekat dengan pusat pendaratan ikan dan pasar ikan higienis Kalianda tersebut menjadi tempat membeli ikan segar. Warga bisa sembari menikmati suasana senja sebelum berbuka kerap membeli ikan di pasar ikan higienis yang sudah buka sejak pukul 15.00 WIB dan bisa dibawa pulang untuk menu berbuka puasa.

“Saya biasanya membeli ikan segar setelah proses lelang atau langsung membeli dari nelayan yang baru sandar,” beber Irwan.

Pada pelaksanaan puasa Ramadan yang sudah berlangsung beberapa hari ini, akses jalan lingkar pesisir Kalianda menuju ke Rajabasa kerap mengalami kemacetan. Kemacetan terjadi akibat sejumlah ruas jalan dipergunakan untuk berjualan kuliner berbuka puasa dari area luar objek wisata dermaga bom hingga bagian dalam.

Jalan lingkar pesisir di dekat pantai Maja kerap macet dengan banyaknya warga yang mengajak keluarga bersantai di pantai.

Objek wisata pantai Maja tak jauh dari dermaga bom dengan lokasi tepat di tepi jalan lingkar pesisir juga menjadi pilihan warga. Banyaknya penjual menu takjil di dekat lokasi objek wisata tersebut membuat warga yang ngabuburit bisa menikmati suasana matahari terbenam sembari menikmati hidangan takjil saat berbuka puasa.

Keramaian semakin terlihat di lokasi karena banyaknya warga yang memanfaatkan momen menjadi pedagang kuliner takjil musiman di sekitar objek wisata pantai Maja dan dermaga bom Kalianda.

Baca Juga
Lihat juga...