‘Paket Ramadan’ Perkuat Silaturahmi Anggota Posdaya

Editor: Koko Triarko

259

PADANG – Bulan Ramadan menjadi momen yang sangat berarti bagi umat muslim. Begitu juga bagi Posdaya Utama yang ada di Parak Laweh, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, yang melakukan kegiatan berbagi paket Ramadan.

Ketua Posdaya Utama, Aidil Adhari, mengatakan paket Ramadan yang diberikan itu nilainya tidak besar. Namun, dengan adanya pembagian paket Ramadan itu, telah memberikan arti dan kebahagian yang besar bagi para anggota Posdaya.

Paket diberikan kepada 95 anggota Posdaya. Isi paketnya memang tidak banyak, yakni hanya berisikan 1 kilogram gula pasir dan 1 kilogram minyak goreng. Paket yang diberikan juga bukan dalam sebuah kantong tas yang cantik, tapi cukup dengan kantong plastik kresek.

“Kegiatan berbagi keberkahan Ramadan ini rutin kita gelar di Posdaya Utama. Kalau tahun kemarin ada dua botol sirup untuk setiap anggota. Kalau sekarang kita beri gula pasir dan minyak goreng. Jadi harapan kita, dapat membantu kebutuhan selama Ramadan,” katanya, Selasa (22/5/2018).

Sementara itu, pembagian paket berjalan tertib. Satu per satu anggota yang mendapatkan paket diminta masuk ke ruang yang merupakan tempat layanan Kas Posdaya.

Aidil menyebutkan, paket yang dibagikan itu bersumber dari uang kas anggota yang ada di Posdaya. Untuk membeli sejumlah isi paket itu Posdaya menghabiskan dana sebesar Rp2,5 juta. Jumlah yang terbilang sedikit, karena untuk uang kas yang tersedia hanya berjumlah Rp5 juta.

Pengurus Posdaya Utama foto bersama dengan Asisten Kredit Tabur pada momen membagikan paket Ramadan untuk anggota Posdaya/Foto: M. Noli Hendra

“Bagi-bagi paket Ramadan itu merupakan kebijakan pengurus Posdaya. Karena tujuan kita memberikan paket Ramadan itu, sebagai upaya memberikan semangat kepada anggota, supaya menjadi Posdaya rumah kedua untuk saling mengenal dan saling bersilaturahmi,” ujarnya.

Menurutnya, Posdaya memiliki peran memberdayakan keluarga yang terdapat dalam suatu wilayah, yakni RT/RW. Untuk itu, Posdaya Utama harus melakukan kegiatan-kegitan pemberdayaan dengan baik.

Baca Juga
Lihat juga...