Pemkab Pesisir Selatan Berdayakan Masyarakat di Kawasan Wisata

Editor: Satmoko

316

PESISIR SELATAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan di lokasi wisata.

Seperti halnya melakukan pemberdayaan masyarakat di kawasan wisata khususnya Pesisir Selatan yang memiliki kawasan Mandeh.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan, hal tersebut perlu dilakukan supaya seiring berkembangnya Kawasan Wisata Mandeh sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Pesisir Selatan dan Sumatera Barat, maka pola dan tingkah laku masyarakat juga harus membaik dan mampu menjadi pelaku wisata andal.

Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni/Foto: M. Noli Hendra

Ia menyebutkan, selain melakukan pendekatan dengan sejumlah masyarakat, pemerintah juga selalu berusaha untuk melengkapi sarana dan prasarana dengan mensinergikan semua pihak.

“Untuk membangunan sarana dan prasarana itu kita melahirkan program-program pengembangan. Hal ini tidak terlepas dari keinginan pemerintah memajukan pariwisata di Pesisir Selatan,” ujarnya, Sabtu (19/5/2018).

Menurutnya Kawasan Mandeh telah menjadi kawasan pilihan dan diprioritaskan untuk pengembangan. Bahkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Pemerintahan Provinsi Sumbar dan Pemerintahan pusat menjadikan pembangunan Kawasan Mandeh sebagai prioritas pembangunan.

“Perhatian khusus diberikan ke kawasan Mandeh. Untuk itulah perlu adanya pembenahan di semua bidang termasuk SDM,” jelasnya.

Ia menyatakan sebagai destinasi wisata bahari unggulan, pemerintah tidak henti memberikan pendampingan kepada kelompok masyarakat sebagai pelaku utama dalam pengelolaan kawasan pariwisata.

“Salah satunya kita melakukan pembinaan bagi masyarakat pengelola homestay, yang ada di sekitar lokasi wisata,” sebutnya.

Ia menyatakan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat, maka masyarakat yang menjadi pelaku wisata, akan mampu memberikan layanan yang baik.

Apalagi Kawasan Mandeh telah menjadi tujuan utama wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Untuk itu sarana dan prasarana harus segera disiapkan termasuk penginapan buat wisatawan.

Tujuan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengarahkan masyarakat untuk mendirikan homestay. Karena pemerintah tidak ingin, masyarakat yang selama ini berada di lokasi wisata hanya menjadi penonton, melihat hiruk pikuk keramaian di kawasan wisata.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mendukung upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Karena saat ini Pemprov Sumbar tengah mengupayakan kawasan wisata seperti Mandeh untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menurutnya, dukungan masyarakat dalam hal pelaku wisata sangat dibutuhkan dalam memberikan layanan kepada pengunjung ataupun wisatawan. Sebab, kalau masyarakat tidak ramah, maka sebagus apa pun tempat wisatanya, kalau tidak ramah layanannya, semua itu sia-sia saja.

“Kita dari pemerintah akan mengupayakan kawasan wisata Mandeh bisa menjadi KEK. Dengan adanya langkah awal masyarakat mendukung pariwisata, adalah hal positif, untuk melakukan pengembangan wisata Mandeh,” sebutnya.

Baca Juga
Lihat juga...