Penalti Hazard Antar Chelsea Juarai FA Cup 2018

Editor: Satmoko

183
Chelsea menjuarai FA Cup 2018 setelah menaklukkan Manchester United 1-0. Foto: chelseafc.com

LONDON – Chelsea keluar sebagai juara FA Cup 2018 setelah menundukkan Manchester United 1-0. Gol tunggal Chelsea dicetak Eden Hazard melalui titik putih di menit 22 pada babak final yang digelar di Stadion Wembley, Minggu dini hari.

United meningkatkan permainan di babak kedua. Peluang sempat lahir melalui Paul Pogba, namun upaya pemain asal Perncis itu gagal berbuah gol bagi Setan Merah.

Kekalahan United di final FA Cup musim ini menjadi kekalahan pertama Jose Mourinho di final piala domestik. Namun demikian, trofi FA Cup belum dipastikan menyelamatkan pekerjaan manajer lawan, Antonio Conte.

Yang menarik dari babak final FA Cup kontra Chelsea adalah absennya Romelu Lukaku dari starting XI United. Cedera pergelangan kaki membuat Lukaku dinilai hanya cukup menghuni bangku cadangan. Sedangkan Conte mengorbankan Willian dan memilih menurunkan Tiemoue Bakayoko di lini tengah.

The Blues membuka peluang di menit 10 melalui Eden Hazard. Striker Belgia memiliki ruang untuk melesat ke depan dan memberi ancaman bagi David de Gea. Namun De Gea dengan sigap menghalau ancaman yang datang.

Nemanja Matic sempat menjatuhkan Bakayoko dan Alexis Sanchez dilanggar Victor Moses. Namun tidak ada satu pun dari pelanggaran itu yang menghasilkan penalti. Setelah melihat VAR, wasit Michael Oliver melihat keputusannya benar.

Namun berikutnya Oliver menunjuk titik putih setelah pelanggaran yang dilakukan Phil Jones terhadap Eden Hazard. Hazard yang menjadi eksekutor berhasil mengecoh De Gea dan memaksanya melakukan antisipasi yang salah.

United yang tidak berani mengambil risiko harus puas menutup laga babak pertama dengan skor 1-0. Padahal kondisi seperti ini bukan pertama kali dialami skuad asuhan Jose Mourinho.

Usai jeda, United tampil lebih baik. Sebuah momentum lahir saat laga berjalan satu jam melalui Marcus Rashford. Namun sayang, tembakannya masih berhasil dimentahkan Thibaut Courtois. Sanchez sempat menceploskan bola ke gawang, namun ia terlebih dulu terperangkap offside.

Courthois kembali tampil gemilang dengan menggagalkan sundulan kepala Jones. Beberapa peluang lain masih terus dihasilkan The Red Devils, tapi sayang performa gemilang Courtois membuat gawangnya tetap aman.

Anthony Martial, Jeese Lingard dan rashford bergantian memberi ancaman bagi Courtis. Terakhir, Nemanja Matic dan Paul Pogba yang memberi ancaman. Tapi sayang, hingga laga berakhir Chelsea tetap bertahan dengan keunggulan 1-0.

Susunan Pemain

CHELSEA: Courtois; Azpilicueta, Cahill, Rudiger; Moses, Kante, Fabregas, Bakayoko, Alonso; Hazard (Willian 91′); Giroud (Morata 89′)

MANCHESTER UNITED: De Gea; Valencia, Jones (Mata 87′), Smalling, Young; Matic, Herrera, Pogba; Lingard (Martial 73′), Rashford (Lukaku 73′), Sanchez

 

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.