Penjualan Busana Muslim di Lampung Selatan Meningkat

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

138

LAMPUNG — Mendekati bulan suci Ramadan 1439 Hijriah, sejumlah pedagang busana muslim mendapatkan peningkatan omzet hingga 30 persen. Penjualan didominasi perlengkapan pelaksanaan shalat taraweh.

Hesti, salah satu pedagang pakaian di pasar tradisional desa Pasuruan menyebutkan, jenis busana muslim diakuinya mendominasi pakaian yang dijualnya. Permintaan yang tinggi akan terjadi sebelum Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Beberapa busana muslim yang dijual meliputi baju koko, sarung, peci, sajadah, kerudung hingga gamis, kulot bahkan sepatu.

“Sepekan sebelum ramadan sudah banyak warga yang membeli busana atau peralatan untuk ibadah dan lebih banyak dibandingkan hari biasa,” terang Hesti saat ditemui Cendana News, Selasa (15/5/2018).

Pada hari normal, Hesti  menjual 50 hingga 100 potong per hari. Namun sepekan jelang ramadan ia bisa menjual hingga 150 potong. Meningkatnya permintaan masih akan terjadi sebelum hari raya Idul Fitri.

Berbagai jenis busana muslim dengan harga berkisar Rp40.000 hingga Rp200.
000 tersebut membuat ia bisa memperoleh omzet rata rata Rp2juta per hari.

Meski demikian ia menyebut daya beli masyarakat tidak setinggi tahun sebelumnya karena puasa dan lebaran tahun ini bertepatan dengan tahun ajaran baru siswa sekolah.

“Karena tahun ini puasa dan lebaran hampir berbarengan dengan tahun ajaran baru membuat masyarakat lebih menghemat namun untuk keperluan ibadah tetap dibeli,” terang Hesti.

Selain Hesti, penjaga tempat penjualan busana muslim di Jalinsum KM 76,
Afrida menyebut meski ada kenaikan jumlah penjualan namun belum signifikan.

salah satu pembeli
Ida, salah satu pembeli perlengkapan busana muslim berniat membeli kerudung, mukena dan gamis [Foto: Henk Widi]
Disebutkan, busana jenis gamis dijual mulai dari harga Rp135.000 hingga Rp200.000, celana kulot mulai dari harga Rp45.000 hingga Rp50.000, mukena dari harga Rp100.000 hingga Rp125.000, kerudung dari mulai harga Rp45.000 hingga Rp60.000.

Selain busana wanita yang mendominasi, di tokonya juga menjual baju koko anak anak dari harga Rp100.000 hingga Rp175.000 serta sejumlah pakaian biasa untuk anak anak hingga orang dewasa.

 

Nina, salah satu pedagang pakaian di pasar Pematangpasir kecamatan Ketapang juga membenarkan, semakin dekatnya bulan Ramadan mempengaruhi tingkat penjualan busana muslim.

Selain itu ia menyebut tren penjualan busana muslim dengan beragam corak dan warna terpengaruh oleh penjualan secara online memanfaatkan media sosial.

“Jika di media sosial umumnya coraknya bagus, warna bagus tapi hanya melihat foto atau gambar, kalau beli langsung bisa lihat bahannya juga,” cetus Nina.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.