Penyerapan APBD Balikpapan Masih Minim

Editor: Mahadeva WS

172
Plt Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud - Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Penyerapan anggaran Pemerintah Kota Balikpapan triwulan I/2018 belum maksimal. Pemkot akan berupaya untuk mengoptimalkannya di Mei ini. Rendahnya penyerapan anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut hasil dari evaluasi yang dilakukan pemerintah setempat.

Plt Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyebut, penyerapan anggaran pemerintah daerah di setiap program akan mulai terlihat pada Mei. Hal itu dikarenakan, di awal tahun baru dilakukan lelang.”Kami sudah komunikasikan dengan OPD terkait khususnya dalam pelaksanaan program dan dimaksimalkan pada bulan ini,” katanya Selasa, (15/5/2018).

Dari perencanaan yang disusun, anggaran yang harus dimaksimalkan diantaranya untuk pengentasan persoalan banjir. Persoalan tersebut ditegaskan Rahmat harus dituntaskan. “Yang terpenting adalah anggaran bisa diserap dan telah ada tim yang yang membahas hal itu,” tandas Rahmad.

DPRD Kota Balikpapan meminta Pemerintah kota Balikpapan memaksimalkan APBD 2018. Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Balikpapan, Johny Ng mengungkapkan, hingga pertengan Mei, penyerapan APBD 2018 Balikpapan baru sekira 20 persen. Sementara APBD 2018 ini mencapai Rp2,2 triliun. “Kalau anggaran bergulir maka pembangunan juga berjalan yang efeknya ke pengurangan angka pengangguran,” tandasnya.

Selain itu, masa triwulan I/2018 juga sudah selesai. Saat ini memasuk triwulan II, sehingga penyerapan anggaran harusnya lebih didorong agar implementasinya dapat dirasakan masyarakat.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.