Perajin Tikar Ruyung Pariaman “Banjir” Pesanan

314
Ilustrasi. Dok CDN

SUMBAR — Perajin tikar ruyung di Kota Pariaman, Sumatera Barat menerima banyak pesanan dari berbagai daerah memasuki awal Bulan Suci Ramadhan 1439 hijriah.

“Hingga saat ini kami telah menerima orderan sebanyak 30 lembar tikar ruyung yang harus diselesaikan menjelang Idul Fitri 1439 hijriah,” kata Sulaiman Tanjung (52) salah seorang perajin tikar ruyung di Pariaman, Senin.

Pada umumnya pesanan tikar ruyung tersebut datang dari daerah Jakarta, Pekanbaru, Lampung, Jambi dan provinsi setempat, tambah dia.

Selain itu pihaknya juga harus menyediakan beberapa lembar tikar ruyung untuk pasokan saat Idul Fitri bagi para perantau yang akan belanja. Karena biasanya setiap lebaran perantau cukup ramai datang sehingga ketersediaan barang harus ada.

“Pengalaman lebaran 2017, pasokan sebanyak 150 lembar itu habis terjual. Namun tahun ini pasokan belum siap karena harus menyelesaikan permintaan konsumen dulu,” ujar dia.

Terkait harga per meternya dijual Rp250 ribu dengan berbagai macam motif atau sesuai permintaan konsumen. Selain tikar, pihaknya juga menjual sajadah shalat.

Untuk mempercepat pemasaran ke berbagai daerah, pihaknya mengaku juga telah bekerja sama dengan Bank Indonesia melalui program Wirausaha Bank Indonesia.

Pada 2017 usaha yang digelutinya diberikan target omzet oleh BI sebesar Rp350 juta dan mampu menembus Rp450 juta. Sedangkan 2018 target tersebut mengalami kenaikan menjadi Rp1 miliar.

“Untuk memacu target tersebut, dalam satu hari kami harus mampu menghasilkan tiga meter tikar ruyung kelapa dengan menggunakan jasa 15 pekerja,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit mengatakan pemerintah daerah sedang berusaha membantu memasarkan tikar ruyung ke pasar internasional.

“Ada empat produk unggulan Pariaman salah satunya tikar ruyung yang sedang dikurasi di PT Sarinah untuk menentukan target pasar baik di level nasional maupun internasional,” ujar dia.[ant]

Baca Juga
Lihat juga...