Pesona Air Terjun Mangku Sakti di Kaki Gunung Rinjani

Editor: Satmoko

151

LOMBOK – Salah satu wisata air terjun yang masuk dalam kawasan Unesco Global Geopark (UGG) Gunung Rinjani Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang memiliki keindahan mengagumkan adalah air terjun Mangku Sakti.

Mangku Sakti termasuk air terjun yang berada di bagian utara kaki Gunung Rinjani, dimana air yang mengalir berasal dari air Segara Anak yang terdapat di kawasan UGG Rinjani. Kawasan ini juga termasuk dilalui aliran air belerang Rinjani.

Mangku Sakti sendiri termasuk air terjun yang anti-mainstream dengan air berwarna hijau toska. Ini yang juga menjadi daya tarik tersendiri dari wisata Air Terjun Mangku Sakti Lombok. Warna hijau toska ini terjadi karena adanya campuran belerang pada air terjun.

Mitos Air Terjun Mangku Sakti

Sebagaimana kebanyakan tempat atau objek wisata lain, air terjun Mangku Sakti juga memiliki cerita tersendiri yang dipercayai sebagian masyarakat, khususnya masyarakat kawasan sekitar sampai sekarang.

Terletak di Desa Sajang Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, menurut cerita dari warga sekitar, dahulu kala ada seorang mangku yang bertugas menjadi juru kunci di kaki Gunung Rinjani. Pada waktu itu warga menjulukinya dengan nama mangku gunung yang dalam bahasa Indonesia berarti penjaga gunung.

“Mangku penunggu Gunung Rinjani tersebut dikenal memiliki ilmu kedigdayaan yang sangat sakti mandraguna dan disegani banyak orang,” kata Dedi, warga Kabupaten Lombok Timur, Minggu (13/5/2018).

Dedi (ujung kanan) berlibur bersama temannya di kawasan air terjun Mangku Sakti Lombok. Foto Turmuzi

Ia mengatakan, dari cerita orang tua, setelah mangku meninggal, warga menemukan air terjun di kaki Gunung Rinjani, Desa Sajang. Air terjun yang kiri-kanannya diapit bebatuan dan di sisi kiri air terjun dapat ditemukan bebatuan.

Membentuk wajah yang diyakini sebagai wajah sang mangku. Itulah yang menjadikan air terjun tersebut dinamakan air terjun Mangku Sakti.

Air terjun Mangku Sakti Sembalun Lombok juga dipercaya masyarakat memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Leni, warga lain mengatakan, selain indah, hawa air terjun Mangku Sakti juga sangat dingin, karena berasal langsung dari aliran Segara Anak. Di bawah air terjun terdapat kubangan membentuk semacam kolam seluas 15 meter, dengan kedalaman sekitar 2-4 meter, jadi wisatawan bisa merasakan dinginnya air belerang sambil berenang.

Terdapat juga jump spot untuk wisatawan yang mau mencoba keberanian terjun ke kolam air terjun, dengan ketinggian sekitar lima meter. Di bagian bawah aliran air terjun juga masih bisa menikmati spot lain buat sekedar berendam atau bahkan melompat. Menuju ke semacam air terjun mini.

Untuk menuju lokasi air terjun tersebut, dari Kota Mataram wisatawan bisa mengambil jalur menuju Sembalun dan melewati Lombok Timur atau Lombok Utara. Jarak tempuh satu sampai satu setengah jam perjalanan, menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Jika dari Desa Sajang, Anda juga akan melewati jalan berupa tanah dengan kontur berbatu dan juga menanjak naik sekitar 3 km. Wisatawan pun kemudian sudah bisa menikmati air terjun Mangku Sakti dengan harga tiket masuk Rp10.000 satu orang.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.