Polisi Bagi Takjil di Pintu Masuk Pelabuhan Bakauheni

Editor: Mahadeva WS

295

LAMPUNG – Puluhan polisi wanita (Polwan) siaga di area seaport pintu masuk pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Rabu (30/5/2018). Kehadiran Polwan dari Polres Lampung Selatan untuk membagi menu berbuka puasa atau takjil bagi pengendara yang melintas.

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polres Lamsel Iptu Yani Devi Yanti menyebut, pengemudi baik kendaraan pribadi, roda dua, bus hingga truk mendapat menu berbuka puasa. Menu yang dibagikan berupa kue dan minuman dalam kotak. Menu tersebut dibagikan khusus menjelang berbuka puasa.

“Paket menu takjil yang kita bagikan jumlahnya ratusan. Diberikan kepada pengendara yang melintas tepat di area seaport interdiction pelabuhan Bakauheni sebelum membeli tiket,” terang Iptu Yani Devi Yanti saat ditemui Cendana News, Rabu (30/5/2018).

Kegiatan tersebut langsung dipimpin Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana. Meski dengan menu sederhana, aksi berbagi takjil Kapolda Lampung tersebut diakui dilakukan untuk semakin mendekatkan polisi dengan masyarakat. Sebagian pengendara kendaraan yang melintas tepat mendekati waktu berbuka puasa bagi umat Muslim yang merayakan puasa, menu takjil bisa digunakan untuk membatalkan puasa.

Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana didampingi GM PT.ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni,Anton Murdianto [Foto:Henk Widi]
Sejumlah pengemudi kendaraan bahkan sempat terkejut saat dihentikan oleh puluhan polwan dan anggota Brimbob Polda Lampung bersenjata lengkap. Salah satu sopir truk asal Palembang Hendri mengaku kaget saat dihentikan oleh petugas yang ternyata justru memberi menu berbuka puasa. Selama melakukan pengangkutan barang dengan truk ekspedisi Dia menyebut baru mendapat menu takjil gratis di pelabuhan Bakauheni.

Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana yang hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, berbagi takjil menjadi rangkaian kunjungan kerja ke sejumlah Polres. Pada Rabu (30/5/2018) bersama para pejabat utama Polda Lampung, Irjen Pol Suntana melakukan peninjauan jalur mudik di wilayah hukum Polres Metro, Polres Lampung Timur dan menjelang waktu berbuka puasa di Polres Lampung Selatan.

Dipastikannya, sebelum lebaran Polda Lampung telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menggelar rapat kesiapan bahan pokok, bahan bakar minyak pada Idul Fitri, serta kesiapan arus mudik dan balik. Selain itu juga dilakukan pembahasan kesiapan pengamanan, pergerakan kelompok radikal dan antisipasi aksi teror serya permasalahan aktual di provinsi Lampung.

Sarana prasarana pelabuhan dengan enam dermaga, 63 kapal roro disiagakan dan siap dioperasikan melayani arus mudik lebaran. Akses Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) bisa difungsikan dari segmen satu KM 0 Bakauheni hingga KM 39,5 ditambah sepanjang 5 kilometer.

Baca Juga
Lihat juga...