Polres Manokwari Tempatkan Personel Amankan Pelaksanaan Tarawih

189
Masjid YAMP Fajrul Islam di Papua, masjid yang dibangun di era Pak Harto. Dok CDN

MANOKWARI — Polres Manokwari, Papua Barat, menyebar personel untuk mengamankan pelaksanaan shalat tarawih di setiap masjid di daerah tersebut.

Kapolres Manokwari AKPB Adam Erwindi di Manokwari, Kamis, mengatakan, anggota terutama yang non muslim telah ditempatkan ke seluruh masjid. Pengamanan dilaksanakan secara bersilang agar personil yang muslim dapat melaksanakan ibadah puasa secara maksimal.

“Pola ini menjadi kebiasaan kami setiap perayaan hari-hari besar keagamaan. Bagi anggota yang non Islam akan membantu pengamanan dan mengatur lalulintas di sekitar masjid-masjid yang melaksanakan shalat tarawih,” kata Kapolres.

Ia menyebutkan, Polres telah mendata jumlah masjid di daerah ini. Di semua masjid ditempatkan personel polisi untuk membantu kelancaran arus lalulintas.

“Bapak Kapolda sudah memerintahkan agar semua Polres untuk mengamankan daerah masing-masing,” tutur Kapolres.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat, AKBP Hary Supriyono mengatakan, Kapolda telah menginstruksikan kepada Polres jajaran untuk meningkatkan kewaspadaan. Termasuk juga mengamankan masjid-masjid yang melaksanakan shalat tarawih.

Hary menuturkan, peningkatan pengamanan juga dilakukan di markas dan pos polisi, tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi warga maupun objek vital. Keberadaan kelompok teroris harus tetap diwaspadai.

“Peningkatan pengamanan pada tempat-tempat yang menjadi konsentrasi masyarakat,” katanya.

Masyarakat juga diminta meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. Bila menemukan warga asing dan mencurigakan agar dilaporkan ke pos polisi terdekat. Walau begitu masyarakat tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa.

“Jangan ada rasa takut tetapi tetap beraktivitas seperti biasa. Polisi akan tetap berjaga selama 24 jam melaksanakan patroli roda dua maupun roda empat,” katanya.[ant]

Baca Juga
Lihat juga...