Polres Sukoharjo Imbau Warga Waspadai Skimming 

Editor: Koko Triarko

266
Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi. -Foto: Harun Alrosid
SOLO — Kepolisian Resor Sukoharjo mengimbau seluruh jajaran untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan di anjungan tunai mandiri (ATM), mengingat jelang lebaran tingkat penggunaan mesin ATM kian meningkat. 
Imbuan tersebut juga mengingat banyaknya modus kejahatan penggandaan kartu ATM atau skimming. “Upaya meningkatkan kewaspadaan di ATM ini kita gandeng pihak Bank untuk melakukan sosialisasi. Di samping itu, pemeriksaan rutin di tiap wilayah juga ditekankan kepada personel,” ucap Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, Rabu (30/5/2018).
Jelang lebaran menjadi salah satu momen rawan terjadinya kejahatan skimming, karena banyaknya sebaran mesin ATM serta meningkatnya penarikan uang tunai oleh masyarakat.
Hal ini mengingat kejahatan dengan modus penggandaan kartu ATM sudah beberapa kali terjadi di Sukoharjo. “Kewaspadaan di lokasi ATM dilaksanakan menyusul banyaknya kantor cabang yang tutup saat libur lebaran, maupun tanggal merah dalam beberapa waktu ke depan,” urai Iwan.
Untuk bank yang digandeng dalam sosialisasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan skimming ini mencapai belasan. Baik bank swasta maupun negeri. Polres juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih hati-hati saat melakukan transaksi maupun pengambilan uang di mesin ATM.
“Terutama akan adanya nomor-nomor yang ditempel di mesin ATM. Masyarakat harus tahu dan jeli. Demikian juga pihak penyedia mesin ATM juga harus memantau, agar tidak disalahgunakan untuk kejahatan,” tandasnya.
Baca Juga
Lihat juga...